Tautan-tautan Akses

Hong Kong Perketat Keamanan Jelang Kunjungan Pejabat Tinggi China


Zhang Dejiang, akan menjadi pejabat senior pertama China yang datang ke Hong Kong sejak terjadi demonstrasi pro-demokrasi tahun 2014. (Foto: dok).

Zhang Dejiang, akan menjadi pejabat senior pertama China yang datang ke Hong Kong sejak terjadi demonstrasi pro-demokrasi tahun 2014. (Foto: dok).

Zhang Dejiang, secara resmi mengunjungi Hong Kong untuk berbicara dalam sebuah konferensi ekonomi dan bertemu dengan sekelompok kecil legislator pro-demokrasi Rabu malam (18/5).

Beberapa bagian kota Hong Kong ditutup sebagai bagian dari peningkatan keamanan drastis selagi para pejabat di kota itu mempersiapkan diri menerima kunjungan langka salah seorang pejabat tinggi China.

Zhang Dejiang, yang memimpin legislatif yang dikuasai Partai Komunis China adalah pejabat senior pertama yang datang ke Hong Kong sejak terjadi demonstrasi pro-demokrasi tahun 2014.

Kunjungan Zhang dikatakan sebagai bukti kepedulian dan dukungan Beijing bagi pusat keuangan di Asia itu, tetapi pemerintah setempat kini bersiap-siap untuk menghadapi protes dari warga yang menentang cengkeraman China yang semakin ketat.

Zhang secara resmi mengunjungi Hong Kong untuk barbicana dalam sebuah konferensi ekonomi, Rabu (18/5). Dia juga akan bertemu dengan sekelompok kecil legislator pro-demokrasi Rabu malam (18/5).

Kelompok-kelompok demonstran telah menyuarakan kemarahan atas pertemuan eksklusif itu. Kunjungan Zhang juga diharapkan membantu Beijing mengukur apakah kepemimpinan Leung Chun-ying di kota itu laka diteruskan sekali lagi setelah masa jabatannya berakhir Maret mandatang. [lt]

XS
SM
MD
LG