Tautan-tautan Akses

Keadaan Darurat Diberlakukan di Bangkok dan Sekitarnya


Para pekerja medis membawa poster memprotes pemerintah dalam demonstrasi di Bangkok (20/1). (AP/Wally Santana)

Para pekerja medis membawa poster memprotes pemerintah dalam demonstrasi di Bangkok (20/1). (AP/Wally Santana)

Pihak berwenang belum memberlakukan larangan keluar rumah atau melarang rapat umum politik, sebagaimana diizinkan dalam dekrit keadaan darurat.

Ibukota Thailand resmi berada dalam keadaan darurat resmi Rabu (22/1), tetapi belum ada tanda-tanda bahwa pasukan keamanan berencana membubarkan protes anti-pemerintah yang memasuki hari ke-9 berturut-turut.

Keadaan darurat 60-hari yang diumumkan Selasa oleh pemerintah berlaku di Bangkok dan daerah sekitarnya, dimana kamp-kamp protes damai yang mirip pesta telah menghadapi serangan dalam beberapa hari ini.

Meski polisi meningkatkan pemeriksaan di pos-pos pemeriksaan dekat kamp-kamp itu, tidak ada kehadiran militer yang besar. Pihak berwenang juga belum memberlakukan larangan keluar rumah atau melarang rapat umum politik, sebagaimana diizinkan dalam dekrit keadaan darurat.

Tetapi, sebagian pemrotes, termasuk Siriraj Puapanwattana, mengatakan keadaan darurat membatasi kebebasan mereka.

Sedikitnya 28 orang luka-luka Minggu dalam dua ledakan dekat satu kamp protes. Pada Jumat, satu orang tewas dalam serangan bom lain di ibukota. Sembilan orang telah tewas sejak November, kekerasan politik paling buruk negara itu sejak 2010.
XS
SM
MD
LG