Tautan-tautan Akses

Kawanan Bersenjata Tewaskan Pengawal Vaksinasi di Pakistan


Polisi Pakistan yang terluka akibat serangan kawanan bersenjata dibawa ke rumah sakit di kota Peshawar (10/4).

Polisi Pakistan yang terluka akibat serangan kawanan bersenjata dibawa ke rumah sakit di kota Peshawar (10/4).

Pihak berwenang hari Rabu mengatakan serangan terjadi di distrik Mardan – Khyber Pakhtunkhwa menewaskan seorang polisi dan melukai seorang lainnya.

Para pejabat di Paksitan barat laut mengatakan kawanan bersenjata tak dikenal menembak mati seorang polisi dan melukai seorang lainnya, ketika mereka sedang mengawal tim petugas kesehatan yang melakukan vaksinasi polio.

Pihak berwenang hari Rabu mengatakan serangan terjadi di distrik Mardan – Khyber Pakhtunkhwa. Tidak ada petugas kesehatan yang cedera dalam serangan itu karena mereka berada di dalam rumah, untuk memberi vaksin polio kepada anak-anak ketika serangan terjadi.

Insiden ini adalah yang terbaru dalam serangkaian serangan terhadap orang yang bekerja bagi kampanye vaksinasi polio yang didukung PBB di Pakistan. Bulan Desember lalu kawanan bersenjata membunuh sembilan petugas polio di seluruh negara itu. Sejak itu beberapa orang lagi tewas dalam serangan-serangan serupa.

Tidak ada yang mengaku bertanggungjawab atas serangan-serangan itu, termasuk serangan hari Rabu. Tetapi Taliban sangat menentang kampanye vaksinasi polio dan menuduh para pengawas kesehatan sebagai mata-mata. Ada pula desas-desus bahwa vaksinasi itu bertujuan membuat anak-anak Muslim mandul.

Pakistan adalah satu dari tiga negara di dunia di mana polio masih merupakan endemi. Masalah ini memburuk di daerah-daerah kesukuan, di mana militan Islamis paling aktif.
XS
SM
MD
LG