Tautan-tautan Akses

Kawanan Bersenjata Serang Universitas di Pakistan


Kota Charsada terletak sekitar 50 kilometer dari Peshawar, ibukota provinsi Khyber Pakhtunkhaw (foto: ilustrasi).

Kota Charsada terletak sekitar 50 kilometer dari Peshawar, ibukota provinsi Khyber Pakhtunkhaw (foto: ilustrasi).

Universitas Bacha Khan, yang berada di provinsi Khyber Pakhtunkhaw, memiliki lebih dari 3.000 mahasiswa. Laporan awal mengatakan acara tahunan sedang berlangsung di universitas itu ketika serangan terjadi.

Sekelompok orang bersenjata tak dikenal menyerbu sebuah universitas di Pakistan barat laut hari Rabu (20/1) dan menembaki para mahasiswa dan dosen di sana.

Saksi juga mengatakan bahwa mereka mendengar setidaknya dua ledakan.

Tentara dan polisi Pakistan telah tiba di Universitas Bacha Khan di kota Charsada dan terlibat baku tembak dengan para penyerang. Sumber-sumber keamanan menduga "10 sampai 12 teroris" telah memasuki kampus dan beberapa orang yang terluka akibat serangan telah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Universitas yang berada di provinsi Khyber Pakhtunkhaw tersebut memiliki lebih dari 3.000 mahasiswa. Laporan awal mengatakan acara tahunan sedang berlangsung di universitas itu ketika serangan terjadi. Belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab.

Kota Charsada terletak sekitar 50 kilometer dari ibukota provinsi Peshawar, di mana sebuah kelompok militan terkait Taliban-Pakistan telah menyerang sebuah sekolah pada bulan Desember 2014 serta membantai sekitar 150 orang, sebagian besar anak-anak murid sekolah tersebut.

Pada hari Selasa (19/1), seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di dekat sebuah pos pemeriksaan keamanan yang memisahkan kota Peshawar dari distrik suku Khyber, menewaskan sedikitnya 12 orang. Kelompok Taliban-Pakistan mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. [pp/dw]

XS
SM
MD
LG