Tautan-tautan Akses

Kawanan Bersenjata Bebaskan 200 Napi dari Penjara Nigeria


Kelompok ekstrimis Boko Haram diduga berada di balik upaya pembebasan para narapidana di Nigeria (foto: dok).

Kelompok ekstrimis Boko Haram diduga berada di balik upaya pembebasan para narapidana di Nigeria (foto: dok).

Lebih dari 200 narapidana kabur dari sebuah penjara di Nigeria Sabtu malam (6/12), setelah penjara itu diserang kawanan bersenjata.

Sekelompok orang bersenjata membantu lebih dari 200 narapidana kabur dari sebuah penjara di Nigeria Sabtu malam (6/12), pembobolan penjara ketiga terbesar di negara itu sejak awal November lalu.

Belum jelas siapa yang merancang serangan di fasilitas dengan tingkat keamanan menengah di negara bagian Niger itu. Pekan lalu sedikitnya 300 narapidana di negara bagian Ikiti dan lebih dari 144 narapidana lainnya di negara bagian Kogi – juga kabur.

Kelompok ekstrimis Boko Haram diduga berada di balik upaya pembebasan para narapidana ini.

Bulan Februari lalu sebuah organisasi HAM mengatakan kepada VOA, kondisi di penjara-penjara Nigeria itu mengerikan dan merupakan “masalah nasional”, karena jumlah narapidana yang terlalu banyak dan maraknya aksi kekerasan fisik.

Menurut situs Nigeria Prisons Service, hingga tanggal 30 Juni 2014 – 68% dari sekitar 57 ribu narapidana di Nigeria sedang menunggu sidang pengadilan.

Bagi negara dengan jumlah penduduk mencapai 173 juta orang, jumlah narapidana ini relatif kecil – atau hanya 32 narapidana per 100 ribu penduduk, dibandingkan jumlah narapidana di Amerika, Asia dan Eropa.

Amerika memiliki jumlah narapidana tertinggi di dunia yaitu 715 narapidana per 100 ribu penduduk.

XS
SM
MD
LG