Tautan-tautan Akses

Kawanan Bersenjata Bunuh Pengacara Pakistan


Keluarga pengacara Pakistan, Alm. Rashid Rehman bersedih atas kematian pengacara tersebut (8/5).

Keluarga pengacara Pakistan, Alm. Rashid Rehman bersedih atas kematian pengacara tersebut (8/5).

Pengacara kasus penistaan agama, Rashid Rehman ditembak tewas di kota Multan di Provinsi Punjab bagian selatan Rabu (7/5) malam.

Pengacara-pengacara di Pakistan turun ke jalanan hari Kamis (8/5) untuk memprotes pembunuhan seorang aktivis HAM dan pengacara yang membela seorang profesor yang dituduh menista agama.

Polisi mengatakan Rashid Rehman ditembak dan tewas di kota Multan di Provinsi Punjab bagian selatan Rabu malam.

Rehman adalah pengacara dosen universitas, Junaid Hafeez, yang dituduh melakukan penistaan agama. Para mahasiswa garis keras menuduh Hafeez mengeluarkan komentar yang menghina Nabi Muhammad tahun lalu. Hafeez mendekam di penjara dan tidak bisa mendapatkan pengacara sampai Rehman setuju untuk mewakilinya bulan Februari. Penistaan agama diancam hukuman mati di Pakistan.

Ketua Komisi HAM independen Pakistan, Zohra Yusuf, hari Kamis mengatakan kepada VOA bahwa Rehman "menunjukkan keberanian besar tetapi mulai mendapat ancaman pembunuhan setelah sidang pertama," yang berlangsung di dalam penjara.

Yusuf mengatakan komisi HAM baru-baru ini merilis pernyataan yang menuntut agar orang-orang yang mengancam Rehman ditangkap. Ia mengatakan di Pakistan, rakyat takut terlibat dalam kasus penistaan agama, karena tidak ada yang mau membela orang-orang yang dituduh menista agama karena takut dibunuh.
XS
SM
MD
LG