Tautan-tautan Akses

Kawanan Bersenjata Bunuh 17 Orang di Nigeria Timur Laut


Seorang tentara Nigeria melakukan patroli (foto: dok).

Seorang tentara Nigeria melakukan patroli (foto: dok).

Serangan hari Jumat, yang merupakan insiden mematikan terbaru itu terjadi di distrik Mubi, negara bagian Adamawa, dekat perbatasan dengan Kamerun.

Para saksi mata mengatakan kawanan pria bersenjata telah menewaskan sedikitnya 17 orang di Nigeria timur laut, insiden terbaru dalam serangkaian serangan mematikan di wilayah tersebut.

Serangan hari Jumat itu terjadi di distrik Mubi, negara bagian Adamawa, dekat perbatasan dengan Kamerun. Seorang wartawan setempat memberitahu VOA bahwa kawanan bersenjata tak dikenal melepaskan tembakan di tiga tempat di distrik itu.

Laporan dari daerah itu mengatakan serangan-serangan tersebut menarget orang-orang dari kelompok etnis Igbo. Seorang yang mengaku sebagai juru bicara sekte Islamis radikal Boko Haram mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dalam teleconference dengan sejumlah wartawan.

Juru bicara yang dikenal sebagai Abu Qaqa, juga mengatakan Boko Haram juga bertanggung jawab atas serangan terhadap sebuah gereja di negara bagian Gombe Kamis malam yang menewaskan enam orang dan melukai 10 lagi.

Sebelumnya, pekan ini, kelompok itu memperingatkan warga Kristen di wilayah utara yang mayoritas berpenduduk Muslim agar meninggalkan kawasan itu dalam tiga hari atau akan dibunuh.

Boko Haram telah mengaku bertanggung jawab atas sejumlah serangan baru-baru ini di Nigeria, termasuk pemboman hari Natal dari gereja Katolik dekat Abuja yang menewaskan lebih dari 30 orang.

XS
SM
MD
LG