Tautan-tautan Akses

Kawal Petugas Polio, 2 Polisi Pakistan Tewas Dibunuh


Polisi Pakistan (kanan) mengawal para pekerja kesehatan melakukan vaksinasi polio dari rumah ke rumah di Islamabad. (Foto: Dok)

Polisi Pakistan (kanan) mengawal para pekerja kesehatan melakukan vaksinasi polio dari rumah ke rumah di Islamabad. (Foto: Dok)

Militan Pakistan telah membunuh lebih dari 12 pekerja polio dan polisi yang melindungi mereka dalam setahun ini.

Pihak kepolisian Pakistan mengatakan orang-orang bersenjata membunuh dua orang polisi yang ditugaskan untuk melindungi tim pekerja vaksinasi polio di bagian barat laut negara itu.

Polisi setempat Khalid Iqbal mengatakan kedua polisi itu diserang Jumat (13/12) sewaktu dalam perjalanan ke kota Swabi dengan sepeda motor untuk melindungi para pekerja polio. Swabi terletak 100 kilometer di sebelah timur laut Peshawar, ibukota provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Para penyerang kemudian melarikan diri dari tempat kejadian itu.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab, tetapi militan Pakistan telah membunuh lebih dari 12 pekerja polio dan polisi yang melindungi mereka dalam setahun ini.

Mereka menuduh para pekerja kesehatan bertindak sebagai mata-mata untuk Washington dan mengklaim vaksin polio dimaksudkan untuk membuat anak-anak Muslim steril.

Pakistan adalah salah satu dari tiga negara di mana virus polio masih endemik.
XS
SM
MD
LG