Tautan-tautan Akses

Kaukus Iowa Guncang Kampanye Pilpres AS


Anggota DPR partai Republik dari negara bagian Oklahoma, Tom Cole (foto: dok).

Anggota DPR partai Republik dari negara bagian Oklahoma, Tom Cole (foto: dok).

Seorang anggota DPR AS dari Republik berpendapat bahwa hasil kaukus Iowa telah mengguncang kampanye kepresidenan partai Republik.

Tidak banyak reaksi resmi Kongres terhadap persaingan pemilihan presiden pertama Selasa (2/2) di Iowa. Tetapi gedung Kongres disibukkan dengan pembicaraan tentang hasil kaukus dan dampaknya ke depan.

Anggota DPR dari Republik, Tom Cole mengatakan kepada VOA, dia berpendapat kaukus Iowa telah mengguncangkan kampanye kepresidenan partai Republik.

Kata Cole, setelah Trump kalah, maka aura kepastian yang selama ini dipancarkan oleh Trump luluh, dan kini persaingan di pihak partai Republik lebih terbuka sifatnya. Cole mengatakan, dirinya sendiri sejauh ini belum memberi dukungan kepada siapa-siapa.

Di pihak Senat, Senator Republik Jeff Flake dari Arizona mengatakan kepada VOA, dia tidak kaget menyaksikan kekalahan Trump, dan dari dulu sudah mengingatkan bahwa Trump tidak mungkin bisa memenangkan nominasi partai Republik.

Secara keseluruhan, dalam arena persaingan partai Republik, hanya Senator Rubio dan mantan gubernur Florida Jeb Bush, yang memperoleh dukungan terbanyak dari anggota-anggota Kongres dibandingkan pesaing Republik lainnya. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG