Tautan-tautan Akses

Kasus Doping, Gelar Alberto Contador pada Tour de France 2010 Dicopot


Pebalap Alberto Contador setelah menjuarai balapan Tour of France tahun 2010 (foto: dok).

Pebalap Alberto Contador setelah menjuarai balapan Tour of France tahun 2010 (foto: dok).

Pebalap sepeda Contador dites positif untuk obat anabolik terlarang bernama clenbuterol setelah Tour de France tahun 2010.

Pengadilan arbitrasi telah mencopot gelar juara Tour de France 2010 dari Alberto Contador dan melarang pembalap sepeda dari Spanyol tersebut ikut berkompetisi selama dua tahun, setelah pengadilan itu menolak klaim Contador bahwa tes positif obat terlarang pada dirinya disebabkan oleh daging tercemar yang dimakannya.

Keputusan Pengadilan Arbitrasi Olahraga international, yang diumumkan hari Senin, mengatakan skors itu berlaku sampai Agustus 2012. Dengan demikian juara tiga kali Tour de France itu tidak memenuhi syarat mengikuti lomba yang akan berlansung pada awal Juli mendatang.

Contador dites positif untuk obat anabolik terlarang bernama clenbuterol setelah balapan tahun 2010, tapi kemudian dinyatakan bersih oleh Federasi Bersepeda Spanyol. Pembebasan dari tuduhan itu menyebabkan upaya banding oleh Badan Anti-Doping Dunia dan Persatuan Sepeda Internasional, yang menjadi fokus keputusan hari Senin itu.

Warga Spanyol berusia 29 tahun itu mengklaim tidak sengaja menelan zat terlarang tersebut karena makan steak tercemar yang dibeli dari pemasok Spanyol.

Namun, keputusan Pengadilan Arbitrasi itu mengatakan kandungan clenbuterol itu lebih cenderung disebabkan oleh suplemen ilegal.

XS
SM
MD
LG