Tautan-tautan Akses

Karzai: Kematian Warga Sipil Afghanistan Bisa Pengaruhi Perjanjian dengan AS


Presiden Hamid Karzai memperingatkan, tewasnya warga sipil Afghanistan bisa mempengaruhi kemitraan strategis AS-Afghanistan (foto: dok).

Presiden Hamid Karzai memperingatkan, tewasnya warga sipil Afghanistan bisa mempengaruhi kemitraan strategis AS-Afghanistan (foto: dok).

Presiden Hamid Karzai merujuk pada laporan tewasnya enam anggota keluarga sipil dalam serangan udara NATO di provinsi Helmand, Afghanistan.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai memperingatkan bahwa korban sipil akibat serangan-serangan udara NATO bisa mempengaruhi kemitraan strategis yang baru-baru ini ditandatangani dengan Amerika.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Presiden Karzai Senin malam mengatakan bahwa “jika nyawa orang Afghanistan tidak aman, dokumen itu akan kehilangan maknanya”.

Pemimpin Afghanistan itu merujuk pada laporan tewasnya enam anggota keluarga sipil dalam serangan udara di provinsi Helmand, Afghanistan selatan minggu lalu.

Karzai memanggil komandan pasukan koalisi di Afghanistan, Jendral Amerika, John Allen dan duta besar Amerika untuk Afghanistan Ryan Crocker ke istananya hari Senin untuk membicarakan isu itu.

Dalam kekerasan hari Selasa, empat pegawai direktorat pendidikan provinsi dan seorang pengawal ditembak mati di provinsi timur, Paktika ketika militan menyergap kendaraan mereka.

Tujuh lagi polisi tewas dalam dua insiden terpisah di barat dan timur negara itu. Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan lima polisi tewas di provinsi Farah ketika kendaraan mereka melintasi bom pinggir jalan sementara dua lainnya tewas dalam serangan di provinsi Logar, Afghanistan timur.

PBB mengatakan tahun lalu merupakan tahun yang paling mematikan bagi warga sipil Afghanistan, dengan 3021 tewas sebagian besar oleh militan.
XS
SM
MD
LG