Tautan-tautan Akses

Karzai Undang Pemimpin Taliban untuk Pembicaraan Langsung


Presiden Hamid Karzai mengundang para pemimpin Taliban untuk melakukan perundingan langsung (21/2).

Presiden Hamid Karzai mengundang para pemimpin Taliban untuk melakukan perundingan langsung (21/2).

Dalam pernyataan hari Selasa, Karzai mengatakan ia mengundang para pemimpin Taliban 'untuk mewujudkan sasaran-sasaran dalam proses perdamaian'.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai telah mengundang pemimpin Taliban untuk melakukan pembicaraan langsung dengan pemerintahnya, sambil meminta Pakistan agar mendukung dan memfasilitasi perundingan-perundingan tersebut yang bertujuan untuk mengakhiri perang selama satu dekade. Dalam pernyataan hari Selasa, Karzai mengatakan ia mengundang para pemimpin Taliban "untuk mewujudkan sasaran-sasaran dalam proses perdamaian".

Ia mengatakan proses itu bertujuan untuk membuat semua orang Afghanistan yang masih berada di luar proses politik Afghanistan, termasuk Taliban, agar kembali untuk tinggal secara damai di negara mereka.

Presiden Afghanistan mengatakan dukungan Pakistan bagi proses perdamaian akan penting bagi keberhasilan proses tersebut dan merupakan kontribusi yang signifikan bagi keamanan dan stabilitas Afghanistan dan seluruh kawasan.

Pernyataan Karzai itu menyusul lawatannya ke Pakistan akhir pekan lalu untuk melakukan pertemuan puncak tiga pihak dengan presiden Pakistan dan presiden Iran mengenai stabilitas di kawasan.

Dalam pertemuan puncak itu, para pejabat Pakistan memperingatkan Presiden Karzai agar tidak mempertahankan harapan-harapan tidak realistis untuk mengajak pihak Taliban Afghanistan ke meja perundingan.

Menteri Luar Negeri Pakistan Hina Rabbani Khar mengatakan kepada wartawan bahwa tidak masuk akal bagi Afghanistan untuk mengharapkan pemimpin Taliban Mullah Omar, yang dikabarkan bersembunyi di Pakistan untuk melakukan pembicaraan.

XS
SM
MD
LG