Tautan-tautan Akses

Karzai Pertimbangkan Turki sebagai Tempat Pembicaraan dengan Taliban


President Afghanistan Hamid Karzai, Presiden Turki Abdullah Gul dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dalam KTT Tiga Negara di Istanbul, Jumat.

President Afghanistan Hamid Karzai, Presiden Turki Abdullah Gul dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dalam KTT Tiga Negara di Istanbul, Jumat.

Presiden Karzai mengatakan di Istanbul, wakil Taliban pernah mengatakan Turki barangkali bisa menjadi tempat pembicaraan rekonsiliasi itu.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan dia terbuka terhadap gagasan untuk menjadikan Turki sebagai tuan rumah pembicaraan rekonsiliasi antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.

Menjawab pertanyaan dari wartawan di Istanbul hari Jumat, Karzai mengatakan wakil-wakil Taliban pernah mengatakan Turki barangkali bisa menjadi tempat pembicaraan itu.

Pertanyaan mengenai hal itu muncul setelah pertemuan para pemimpin Afghanistan, Turki dan Pakistan.

Presiden Turki Abdullah Gul tidak menanggapi secara langsung saran bahwa Taliban membuat kantor di Turki, tetapi dia mengatakan negaranya akan melakukan apa saja untuk membantu menegakkan keamanan di Afghanistan.

Gul, Karzai dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari juga sepakat untuk mengadakan latihan militer bersama bulan April tahun depan, sebagai bagian usaha Turki untuk membangun rasa saling percaya antara Afghanistan dan Pakistan.

Hubungan menjadi tegang setelah daerah kesukuan di Pakistan barat laut menjadi kubu bagi ekstremis yang melarikan diri dari Afghhanistan setelah invasi yang dipimpin Amerika tahun 2001.

XS
SM
MD
LG