Tautan-tautan Akses

Karzai: Pemilu Jadikan Afghanistan Bangga dan Sukses


Kandidat presiden Afghanistan Zalmai Rassoul dalam sebuah konferensi pers di Kabul 6 April 2014.

Kandidat presiden Afghanistan Zalmai Rassoul dalam sebuah konferensi pers di Kabul 6 April 2014.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai memuji rakyatnya yang mengabaikan ancaman teroris Taliban dan berduyung-duyung datang dalam jumlah besar memberikan suara dalam pemilu presiden.

Karzai mengatakan partisipasi mereka dalam pemilu itu, dalam kata-katanya, “menjadikan negara tercinta kita bangga dan sukses.”

Jumlah pemilih yang datang ke TPS-TPS hari Sabtu sangat tinggi dalam pergantian kekuasaan demokratis pertama di negara itu, bahkan sejumlah TPS kehabisan surat suara.

Keamanan ketat diseluruh pelosok Afghanistan karena militan Taliban mengancam akan mengganggu, tetapi tampaknya pemilu secara relatif berjalan tanpa kekerasan. Sejumlah TPS ditutup akibat ancaman kekerasan.

Utusan khusus PBB untuk Afghanistan, Jan Kubis, memuji besarnya jumlah pemilih Afghanistan “meskipun ada ancaman dan intimidasi” dari pemberontak.

Presiden Amerika Barack Obama mengeluarkan pernyataan yang mengucapkan selamat kepada jutaan rakyat Afghanistan yang memberikan suara dalam apa yang disebutnya pemilu bersejarah. Ia juga memberikan penghormatan bagi orang-orang Amerika yang “berkorban besar” demi memungkinkan berlangsungnya pemilu tersebut.

Obama mengatakan pemilu itu penting untuk menjamin masa depan demokratis Afghanistan serta berlanjutnya dukungan dunia internasional.

Hasil awal diperkirakan keluar bulan ini, dan hasil resminya akan diumumkan 14 Mei. Putaran kedua mungkin digelar jika tidak ada dari ke-delapan calon presiden memperoleh lebih dari 50 persen suara.
XS
SM
MD
LG