Tautan-tautan Akses

Karzai Kecam Batas Waktu Penarikan Pasukan AS


Presiden Afghanistan itu mengatakan jadwal penarikan pasukan AS telah memberi semangat baru kepada pemberontak.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengecam rencana Presiden Barack Obama untuk memulai penarikan pasukan dari Afghanistan bulan Juli tahun depan.

Karzai mengatakan kepada delegasi Kongres Amerika yang berkunjung hari Kamis bahwa batas-waktu bulan Juli tahun 2011 Obama untuk memulai penarikan pasukan telah memberi semangat kepada pemberontak. Pimpinan Korps Marinir Amerika, Jenderal James Conway, mengeluarkan komentar serupa sebelumnya pekan ini, dengan mengatakan dalam jumpa pers tanggal penarikan Obama ”kemungkinan telah memberi kekuatan bagi musuh kita.”

Tetapi, Conway juga mengatakan militan Taliban di Afghanistan akan kecewa ketika mereka menyadari pasukan Amerika akan terus bertempur dalam jumlah besar.

Presiden Karzai mengatakan kepada para anggota Kongres Amerika itu bahwa pasukan NATO dan Afghanistan sedang goyah dalam pertempuran melawan terorisme. Ia menyalahkan kurangnya kemajuan dalam upaya mencegah korban sipil dalam operasi NATO. Karzai juga mengecam terus adanya tempat berlindung bagi para militan di seberang perbatasan di Pakistan.

XS
SM
MD
LG