Tautan-tautan Akses

Karzai Bertemu Sarkozy Setelah Perancis Ancam Tarik Pasukan dari Afghanistan


Presiden Afghanistan Hamid Karzai mendapat sambutan kehormatan dalam kunjungan di Paris (27/1).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mendapat sambutan kehormatan dalam kunjungan di Paris (27/1).

Pertemuan kedua pemimpin hari ini (27/1) di Paris seminggu setelah Sarkozy mengancam menarik pasukannya dari Afghanistan lebih awal.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai bertemu dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy Jumat, seminggu setelah pemimpin Perancis itu mengancam akan menarik pasukannya dari Afghanistan lebih awal.

Selama pembicaraan di Paris, Presiden Karzai diperkirakan akan menandatangani perjanjian strategis jangka panjang yang menguraikan peran Perancis di Afghanistan setelah semua pasukan internasional meninggalkan negara yang dilanda perang itu pada tahun 2014.

Sebelumnya pekan ini, menteri luar negeri Perancis, Alain Juppe mengesampingkan penarikan total pasukan Prancis tahun ini, meskipun Sarkozy mengancam bahwa ia akan mempertimbangkan penarikan dini jika langkah-langkah keamanan bagi pasukan Perancis di Afghanistan tidak diperbaiki

Presiden Sarkozy menangguhkan operasi pelatihan dan dukungan negaranya di Afghanistan, setelah seorang tentara Afghanistan menewaskan empat tentara Perancis yang tidak bersenjata di Afghanistan timur pekan lalu.

Survei baru-baru ini mengatakan 84 persen penduduk Perancis mendukung pasukan untuk meninggalkan Afghanistan pada akhir 2012.

Calon presiden sosialis, Francois Hollande, yang menurut para analis memiliki peluang bagus untuk mengalahkan Sarkozy dalam pemilu mendatang, telah berjanji untuk membawa tentara pulang pada akhir tahun, jika dia menang.

XS
SM
MD
LG