Tautan-tautan Akses

Karyawan Mossack Fonseca Ditangkap terkait Bocoran Dokumen Panama


Para awak media menunggu di luar kantor firma hukum Mossack Fonseca di Panama, 12 April lalu (foto: dok).

Para awak media menunggu di luar kantor firma hukum Mossack Fonseca di Panama, 12 April lalu (foto: dok).

Penangkapan dilakukan oleh pihak berwenang Jenewa, Swiss yang tengah melakukan penyelidikan terkait bocoran data besar-besaran perusahaan di yurisdiksi bebas pajak di luar negeri.

Suratkabar Swiss hari Rabu (15/6) melaporkan seorang pakar komputer yang bekerja di firma hukum Panama “Mossack Fonseca” telah ditangkap oleh pihak berwenang Jenewa, dalam penyelidikan terkait bocoran data besar-besaran perusahaan di yurisdiksi bebas pajak di luar negeri (offshore companies).

Daily Le Temps – mengutip seorang yang mengetahui kasus ini – melaporkan tim jaksa Jenewa awal pekan ini menempatkan seorang pakar komputer perusahan lokal itu dalam tahanan sementara, terkait dirilisnya “sejumlah besar data rahasia”.

Pengungkapan ini bisa memicu spekulasi baru tentang sumber – apa yang disebut sebagai kebocoran “Panama Papers” – yang memberikan sejumlah data rincian pemilik dan klien ribuan entitas perusahaan di yurisdiksi bebas pajak di luar negeri itu kepada suratkabar Jerman.

Laporan itu tidak merinci kapan data itu dirilis, tetapi mengatakan tim jaksa Jenewa memimpin penggerebekan polisi terhadap kantor lokal “Mossack Fonseca”, termasuk penyitaan peralatan komputer.

Ketika dihubungi Associated Press, kantor jaksa di Jenewa mengukuhkan bahwa penyelidikan kriminal yang dipimpin oleh jaksa Claudio Mascotto telah dibuka pasca diajukannya gugatan hukum oleh “Mossack Fonseca”, tetapi menolak mengomentarinya lebih jauh. Kantor lokal firma hukum itu tidak menanggapi permintaan komentar melalui telfon atau email yang diajukan. [em]

XS
SM
MD
LG