Tautan-tautan Akses

Kartel Narkoba Suap Para Pejabat Meksiko


Presiden Felipe Calderon mengerahkan tentara Meksiko di perbatasan untuk menumpas kartel narkoba (foto: dok).

Presiden Felipe Calderon mengerahkan tentara Meksiko di perbatasan untuk menumpas kartel narkoba (foto: dok).

Kartel narkoba Meksiko menyerahkan 4,5 juta dolar sebagai dukungan politik kepada seorang gubernur negara bagian Meksiko di perbatasan.

Petugas-petugas badan antinarkoba Amerika menyatakan memiliki bukti bahwa para pemimpin kartel narkoba Meksiko menyerahkan 4,5 juta dolar sebagai dukungan politik kepada seorang gubernur negara bagian Meksiko di perbatasan dan tokoh-tokoh bekas partai berkuasa Meksiko.

Menurut dokumen pengadilan yang dikumpulkan para petugas di Pengadilan Distrik Amerika di San Antonio, Texas, para informan rahasia mengatakan kepada para penyidik dari Badan Antinarkoba Amerika bahwa para pemimpin kartel narkoba utama Meksiko memberi uang kepada para anggota Partai Revolusi Institusional (PRI). Salah seorang anggota PRI, Tomas Yarrington, menjabat gubernur negara bagian Tamaulipas dari tahun 1999 hingga 2004.

Menurut pernyataan tertulis di bawah sumpah mengenai kasus pencucian uang di Texas, Antonio Pena diketahui menjadi penghubung antara politisi Meksiko dan pimpinan kartel narkoba. PRI menyatakan penyelidikan itu berlatar belakang politik menjelang pemilihan presiden 1 Juli. Kandidat PRI unggul jauh dalam berbagai jajak pendapat.

Tuduhan itu memberi amunisi baru untuk melawan PRI bagi partai konservatif Aksi Nasional (PAN) yang berkuasa pimpinan Presiden Felipe Calderon. PRI memimpin Meksiko selama tujuh dekade sebelum disingkirkan pada tahun 2000.

Kelompok-kelompok narkoba Meksiko bertanggung jawab atas ribuan penculikan, pembunuhan dan pemerasan. Calderon telah mengerahkan ribuan tentara di seantero Meksiko untuk memerangi kartel narkoba. Kekerasan yang meningkat telah menewaskan sedikitnya 50 ribu orang.

XS
SM
MD
LG