Tautan-tautan Akses

Kapten Kapal Pesiar Tolak Perintah Pengawal Pantai Italia


Regu penyelamat menghentikan pencarian korban saat kapal pesiar Costa Concordia yang oleng perlahan-lahan tenggelam di dekat pulau Tuscan wilayah Giglio, Italia (18/1).

Regu penyelamat menghentikan pencarian korban saat kapal pesiar Costa Concordia yang oleng perlahan-lahan tenggelam di dekat pulau Tuscan wilayah Giglio, Italia (18/1).

Rekaman suara mengungkapkan pertengkaran antara Pengawal Pantai Italia dan kapten kapal pesiar yang tidak menuruti perintah untuk kembali ke kapal Costa Concordia yang terbalik.

Kapten Pengawal Pantai Gregory De Falco menuntut agar Kapten Francesco Schettino menggunakan tangga untuk naik kembali ke kapal Costa Concordia yang rusak itu dan melaporkan berapa banyak orang yang masih ada dalam kapal.

Tetapi, Schettino menjawab bahwa ia tidak mau pergi kemanapun, dan mengeluh bahwa terlalu gelap dalam kapal tersebut. Ia mengatakan ia tadinya mengkoordinasi pertolongan dari sekoci. Dengan sangat marah Kapten De Falco berteriak bahwa dia yang sekarang memimpin lalu ia memerintahkan Schettino kembali ke kapal dan memperingatkannya bahwa ia akan menanggung akibat tindakannya.

Hakim melepaskan Schettino dari tahanan hari Selasa dan menempatkannya dalam tahanan rumah. Ia menghadapi tuduhan pembunuhan yang tidak disengaja dan meninggalkan kapal sebelum semua penumpang tertolong.

Costa Concordia tersandung batu-karang lalu terbalik di lepas pantai utara Italia Jumat malam. Paling sedikit 11 orang tewas dan 24 masih hilang. Pemilik kapal tersebut menuduh kesalahan kapten sebagai penyebab kecelakaan.

Tim penyelamat menghentikan pencarian mereka terhadap Costa Concordia hari Rabu karena kapal pesisir itu agak bergeser posisi.

XS
SM
MD
LG