Tautan-tautan Akses

Kapal Pencari Suaka Kecelakaan Di Lepas Pantai Pulau Australia


Para pencari suaka Australia asal Afghanistan dan Iran di kantor imigrasi Yogyakarta (foto: dok)

Para pencari suaka Australia asal Afghanistan dan Iran di kantor imigrasi Yogyakarta (foto: dok)

Puluhan orang dikhawatirkan tewas setelah sebuah kapal, yang diduga mengangkut pencari suaka, mengalami kecelakaan di lepas pantai Australia.

Sebuah kapal yang mengangkut orang-orang yang diduga sebagai pencari suaka mengalami kecelakaan di laut di lepas pantai sebuah pulau terpencil Australia hari Rabu. Puluhan orang dikhawatirkan tewas setelah kecelakaan tersebut.

Penjabat Perdana Menteri Wayne Swan mengatakan kepada wartawan di Canberra sebuah “kapal penyelundup orang” menubruk batu-batu di pulau Christmas, terletak beberapa ribu kilometer di sebelah barat laut Australia di Samudra Hindia.

Seorang juru bicara Dinas Royal Flying Doctor Australia mengatakan kepada VOA, “sampai 50 perempuan, anak-anak dan dewasa diyakini tenggelam." Ia mengatakan 30 sampai 33 orang lain berhasil diangkat hidup-hidup dari laut dan bahwa tim-tim medis telah dikirim untuk menolong orang-orang yang mengalami cedera parah.

Penduduk di Pulau Christmas mengatakan mereka mencoba melemparkan pelampung dari pantai pada saat para penumpang kapal kayu itu berusaha menyelamatkan diri. Beberapa orang menyatakan rasa ngeri mereka melihat anak-anak yang tenggelam.

XS
SM
MD
LG