Tautan-tautan Akses

Kapal Ukraina Terbalik, Sedikitnya 14 Tewas


Sebuah kapal pesiar Ukraina terbalik di Laut Hitam (foto: ilustrasi peta Laut Hitam di selatan Ukraina).

Sebuah kapal pesiar Ukraina terbalik di Laut Hitam (foto: ilustrasi peta Laut Hitam di selatan Ukraina).

Sedikitnya 14 orang tewas ketika sebuah kapal pesiar Ukraina terbalik di Laut Hitam hari Sabtu (17/10).

Menurut petugas penyelamat dan penumpang yang selamat, kapal pesiar Ukraina itu diduga membawa penumpang dua kali lebih banyak dari kapasitas dan terbalik dihantam ombak besar.

“Ada badai besar dan kami sedang dalam perjalanan kembali ke pelabuhan ketika tiba-tiba saja terbalik”, ujar Dmytro Martynov – salah seorang dari 37 penumpang kapal Ivolga yang tenggelam Sabtu (17/10) siang di dekat kota pelabuhan utama Odessa.

Gubernur Odessa yang juga mantan presiden Georgia – Mikhail Saakashvilli mengatakan kapal itu dihantam ombak dalam perjalanannya. “Ombak itu sangat kuat, cuaca memburuk dan Ivolga pun terbalik”, ujar Saakashvilli.

“Awak kapal menggunakan sekoci penyelamat. Sebagian besar penumpang dalam sekoci ini selamat, tetapi 12 lainnya tewas dan dua lainnya hilang”, tambahnya.

Anggota tim SAR Olga Shevchuck mengatakan kapal itu seharusnya hanya bisa membawa 12 penumpang dan 3 awak, tetapi ketika kecelakaan terjadi kapal itu membawa 37 penumpang dan awak. “Kecelakaan itu terjadi karena kelebihan muatan”, ujar Shevchuck kepada Associated Press.

Kapten kapal Ivolga kini telah ditahan. [em/ii]

XS
SM
MD
LG