Tautan-tautan Akses

Kapal Terbalik, Sedikitnya 34 Penumpang Tewas


Tim SAR menyelamatkan korban kecelakaan kapal.

Tim SAR menyelamatkan korban kecelakaan kapal.

Tim SAR Indonesia Jum’at pagi berhasil menemukan 17 mayat lagi korban kecelakaan kapal yang membawa warga desa yang ingin merayakan Idul Fitri. Jumlah ini menambah korban tewas menjadi 34 orang.

Kapal yang membawa 58 penumpang itu terbalik dan tenggelam hari Kamis di Sungai Barombang, Sumatera Utara. Hingga Jum’at siang tim SAR telah menemukan 34 mayat, termasuk enam anak-anak berusia antara 7 bulan hingga 11 tahun. Dua puluh empat penumpang lainnya berhasil diselamatkan. Tiga lainnya, yang tidak terdaftar di manifest penumpang, masih hilang.

Ini merupakan kecelakaan kapal kedua dalam pekan ini terkait perayaan Idul Fitri, setelah sebelumnya sebuah kapal fery yang mengangkut lebih dari 70 penumpang tenggelam di Sungai Kapuas, Kalimantan Tengah. Tujuh belas orang tewas dan 53 lainnya berhasil diselamatkan.

Jutaan warga Muslim mudik saat berakhirnya bulan Ramadan untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Fenomena mudik ini kerap menimbulkan kepadatan lalu lintas darat, laut dan udara. Kecelakaan kerap terjadi terutama karena buruknya standar keamanan.

XS
SM
MD
LG