Tautan-tautan Akses

Kapal Perang Korea Utara dan Selatan Saling Lepaskan Tembakan Peringatan


Kapal Penjaga Pantai Korea Selatan.

Kapal Penjaga Pantai Korea Selatan.

kapal angkatan laut Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan setelah kapal Korea Utara menyeberang yang disebut Garis Batas Utara di lepas pantai Barat.

Kapal perang Korea Utara dan Selatan saling melepaskan tembakan peringatan dekat perbatasan laut yang disengketakan Selasa (7/10), beberapa hari setelah kedua pihak setuju mengadakan pembicaraan tingkat tinggi yang diharapkan banyak kalangan dapat meningkatkan hubungan antara kedua Korea.

Para pejabat pertahanan Seoul mengatakan sebuah kapal angkatan laut Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan setelah kapal Korea Utara menyeberang yang disebut Garis Batas Utara di lepas pantai Barat. Kapal Korea Utara itu melepaskan tembakan balasan, kemudian mundur.

Para pejabat, yang berbicara dengan tidak menyebut namanya, mengatakan kedua kapal tidak bermaksud menembak satu sama lain dan tidak ada yang terluka atau kerusakan terjadi dalam insiden Selasa pagi itu.

Pelanggaran demikian bukan tidak biasa, karena Korea Utara tidak pernah mengakui perbatasan de facto Laut Kuning itu, yang ditarik oleh PBB pada akhir Perang Korea tahun 1950-an.

Tetapi, insiden itu meningkatkan ketegangan sebelum pembicaraan tingkat tinggi yang telah disepakati setelah para pejabat tinggi Korea Utara melakukan kunjungan mendadak ke Selatan untuk menghadiri upacara penutupan Asian Games Sabtu.

XS
SM
MD
LG