Tautan-tautan Akses

AS

Kapal Misil AS Hampir Tabrakan dengan Kapal Perang China


Kapal pengangkut misil Amerika, USS Cowpens (foto: dok).

Kapal pengangkut misil Amerika, USS Cowpens (foto: dok).

Kapal pengangkut misil AS yang berlayar di Laut China Selatan terpaksa memutar haluan pekan lalu untuk menghindari tabrakan dengan kapal perang China.

Pihak berwenang Amerika mengatakan kapal pengangkut misil Amerika yang sedang berlayar di Laut China Selatan terpaksa memutar haluan pekan lalu untuk menghindari tabrakan dengan sebuah kapal perang China.

Para pejabat mengatakan tabrakan nyaris terjadi tanggal 5 Desember, ketika kapal USS Cowpens sedang berlayar di perairan internasional di sekitar kapal induk China satu-satunya, Liaoning. China belum mengomentari insiden itu.

Dalam sebuah pernyataan hari Jumat (13/12), markas Armada Pasifik Amerika mengatakan sebuah kapal perang China lainnya lalu melakukan manuver di dekat Cowpens.

Seorang pejabat militer Amerika dikutip surat kabar militer Stars and Stripes mengatakan kapal China itu berupaya menghentikan Cowpens, sebelum tabrakan berhasil dihindari melalui komunikasi radio.

Pejabat itu mengatakan tidak ada tembakan yang dilepaskan.

Insiden itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan maritim yang melibatkan China dan beberapa negara Pasifik lainnya mengenai klaim sebagian wilayah Laut China Timur dan Selatan.
XS
SM
MD
LG