Tautan-tautan Akses

Jepang: Kapal-kapal Tiongkok Dekati Kepulauan yang Disengketakan


Kapal pemantau Haijian milik Tiongkok (depan) berpapasan dengan kapal pengawal Pantai Jepang di sekitar perairan di kepulauan sengketa (foto: dok).

Kapal pemantau Haijian milik Tiongkok (depan) berpapasan dengan kapal pengawal Pantai Jepang di sekitar perairan di kepulauan sengketa (foto: dok).

Pengawal Pantai Jepang mengatakan paling sedikit 10 kapal pemantau terlihat hari Selasa dekat pulau-pulau yang di Jepang bernama Senkaku.

Beberapa kapal pemerintah Tiongkok telah memasuki perairan dekat kepulauan yang dikuasai Jepang di Laut Cina Timur, sementara sengketa wilayah meruncing pada ulang-tahun invasi Jepang ke Tiongkok.

Pengawal Pantai Jepang mengatakan paling sedikit 10 kapal pemantau terlihat hari Selasa dekat pulau-pulau yang di Jepang bernama Senkaku dan di Tiongkok bernama Diaoyu. Pihak berwenang Jepang sebelumnya telah menyebabkan sebuah kapal patroli Tiongkok yang lain meninggalkan daerah dekat kepulauan berbatu-batu itu.

Dua orang aktivis Jepang mendarat sebentar di salah satu pulau-pulau tersebut hari Selasa, yang menimbulkan tanggapan kemarahan dari kementerian luar negeri Tiongkok, yang menyebut tindakan tersebut pelanggaran provokatif terhadap kedaulatan Tiongkok.

Persengketaan atas pulau-pulau yang sebagian besar tidak berpenduduk itu telah menyebabkan aksi-aksi protes satu hari anti-Jepang di kota-kota besar di seluruh Tiongkok. Di Beijing, paling sedikit 1000 pemrotes berpawai di luar kedutaan Jepang, membawa spanduk-spanduk, meneriakkan semboyan nasionalistik dan menyerukan kepada Tiongkok agar mempertahankan klaimnya atas kepulauan itu.

Hari Selasa adalah hari genapnya 81 tahun yang disebut Insiden Manchuria, dalih yang digunakan oleh Jepang untuk menyerbu Tiongkok tahun 1931. Banyak perusahaan Jepang, termasuk Honda, Toyota, Mitsubishi dan Panasonic telah mengurangi operasi di Tiongkok disebabkan terjadinya aksi kekerasan sporadis.
XS
SM
MD
LG