Tautan-tautan Akses

Kapal Induk China Kembali ke Pangkalan Usai Latihan Militer


Anggota angkatan laut China melakukan pengawasan dari dek kapal Liaoning, dalam uji coba pelayaran di Laut China Timur. (Foto: Dok)

Anggota angkatan laut China melakukan pengawasan dari dek kapal Liaoning, dalam uji coba pelayaran di Laut China Timur. (Foto: Dok)

Ini adalah misi latihan jarak jauh yang pertama Liaoning, di tengah-tengah keprihatinan kawasan itu mengenai kekuatan angkatan laut China yang meningkat.

Kapal induk pertama China kembali ke pangkalannya di China setelah serangkaian latihan di Laut China Selatan.

Ini adalah misi latihan jarak jauh yang pertama Liaoning sejak diluncurkan tahun lalu, di tengah-tengah keprihatinan kawasan itu mengenai kekuatan angkatan laut China yang meningkat.

Kantor berita resmi Xinhua mengatakan kapal induk itu menjalani pengujian menyeluruh sistem tempurnya tahun lalu dan melakukan latihan formasi.

Xinhua mengutip sumber-sumber angkatan laut yang tidak disebut namanya yang mengatakan misi 37 hari itu mencapai tujuan yang diharapkan dan semua pengujian berjalan baik sesuai dengan jadwal.

Zhang Zheng, kapten Liaoning, juga mengatakan misi itu berjalan dengan mulus.

Liaoning dikawal oleh pesawat terbang, kapal-kapal angkatan laut dan kapal selam, yang juga turut dalam uji coba itu.

Pada 5 Desember, salah satu kapal perang China yang mengawal Liaoning hampir bertabrakan dengan satu kapal angkatan laut Amerika.
XS
SM
MD
LG