Tautan-tautan Akses

Kapal Indonesia Terbalik, 2 Tewas dan 27 Hilang


Warga membawa korban sebuah kapal yang terbalik di sebuah pantai di Indonesia. (Foto: Ilustrasi)

Warga membawa korban sebuah kapal yang terbalik di sebuah pantai di Indonesia. (Foto: Ilustrasi)

Banjir bandang yang dahsyat di pulau Siau, Sulawesi Utara, sampai membalikkan sebuah kapal kecil di pantai.

Banjir bandang mengalir dari sebuah gunung dan membuat sebuah kapal terbalik di pesisir utara Sulawesi, menewaskan dua orang dan membuat 27 lainnya hilang, menurut pejabat badan penanggulangan bencana, Minggu (26/1).

Delapan orang berhasil melarikan diri ketika air masuk ke dalam kapal Sabtu pagi di Pulau Siau yang terpencil sementara hujan turun dengan deras, menurut pejabat tersebut, di daerah yang terkena banjir dan longsor dalam beberapa minggu terakhir.

"Banjirnya sangat kuat sampai membalikkan sebuah kapal kecil di pesisir Siau," ujar Bagus Tjahjono, seorang pejabat senior dari Badan National Penanggulangan Bencana (BNPB).

Tidak jelas apa jenis kapal yang mengalami kecelakaan tersebut.

Siau merupakan bagian dari kelompok pulau-pulau kecil di atas Sulawesi Utara. Provinsi ini terkena dampak parah akibat bencana ini. Pada Sabtu, satu orang tewas karena banjir menyapu rumahnya di pinggir sungai, sementara seorang lagi meninggal di rumah sakit karena luka-luka akibat banjir sebelumnya.

Jumlah korban meninggal di Siau dan Sulawesi akibat banjir bandang dan longsor di daerah ini dalam beberapa minggu terakhir mencapai 23, menurut BNPB.

Ketua BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan rata-rata 541 orang tewas di Indonesia akibat banjir dan longsor setiap tahun dalam 10 tahun terakhir. (AFP)
XS
SM
MD
LG