Tautan-tautan Akses

Kapal Feri Tenggelam di Filipina


Operasi SAR di pesisir Filipina. (Foto: Ilustrasi)

Operasi SAR di pesisir Filipina. (Foto: Ilustrasi)

Kapal Maharlika II mulai miring di perairan berombak kencang di pesisir provinsi Leyte Selatan, Filipina.

Garda pantai Filipina memulai operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) Sabtu malam (13/9) setelah sebuah feri antar pulau berisi lebih dari 80 penumpang dan awak miring dan dikhawatirkan telah tenggelam di pesisir sebuah pulau.

Direktur kantor pertahanan sipil Blanche Gobenciong mengatakan kapten kapal Maharlika II itu memerintahkan para penumpang dan awaknya keluar setelah kapal tersebut mulai miring di perairan berombak kencang di pesisir provinsi Leyte Selatan.

Gobenciong mengatakan ia menerima laporan kapal itu tenggelam, tetapi menambahkan hal itu tidak bisa segera dikonfirmasi.

Sedikitnya 28 penumpang telah diselamatkan, menurut pejabat polisi John Ray Quisado kepada kantor berita Associated Press.

Juru bicara militer Letnan Jim Alagao mengatakan sejumlah laporan awal menyebutkan feri yang mengangkut 58 penumpang dan 26 awak itu mogok akibat masalah pada kemudi dan lalu mulai miring.

Tidak ada arus gelombang besar pada saat kecelakaan itu, tetapi kawasan tersebut terimbas tidak langsung oleh badai yang bertiup dari Filipina utara, kata Gobenciong.

XS
SM
MD
LG