Tautan-tautan Akses

Kapal AL Spanyol Tabrak Perahu Greenpeace, 4 Cedera


Kapal Greenpeace, Arctic Sunrise. (Foto: dok.)

Kapal Greenpeace, Arctic Sunrise. (Foto: dok.)

Greenpeace mengatakan, sebuah perahu Angkatan Laut Spanyol menabrak sebuah perahu kecil milik organisasi lingkungan itu sewaktu berlangsung protes menentang eksplorasi minyak dekat Kepulauan Canary, Sabtu (15/11), mencederai empat aktivis, dimana satu diantaranya serius.

Namun, pihak Angkatan Laut Spanyol membantah cerita itu. Angkatan laut mengatakan, mereka mengerahkan dua perahu dari salah satu kapalnya di kawasan itu untuk mencegah para aktivis Greenpeace menaiki kapal kilang minyak besar dan bahwa salah satu aktivis itu cedera serius karena jatuh dari perahunya dan ditabrak propeler perahunya sendiri.

Berbicara melalui telepon radio dari kapal Greenpeace Arctic Sunrise di kawasan itu, KaptenJoel Stewart mengidentifikasi aktivis yang cedera serius itu perempuan Italia berusia 23 tahun, dan tiga orang lainnya mengalami cedera ringan. Angkatan Laut Spanyol mengatakan, mereka segera melarikan aktivis perempuan itu ke rumah sakit terdekat dengan helikopter.

Di Madrid, legislator Diego Lopez Garrido dari Partai Sosialis, partai oposisi utama di Spanyol, mengatakan, ia akan memanggil Menteri Pertahanan Spanyol Pedro Morenes ke parlemen untuk menjelaskan tindakan angkatan laut itu. Bulan lalu, atas permintaan pemerintah Spanyol, Mahkamah Konstitusi merintangi proposal pemerintah regional Kepulauan Canary untuk menyelenggarakan referendum mengenai eksplorasi minyak di lepas pantai kepulauan yang populer di kalangan turis itu. Sejumlah warga khawatir, tumpahan minyak bisa merusak pulau-pulau itu, yang merupakan salah satu daya tarik wisata dan pusat industri perikanan penting Eropa.

XS
SM
MD
LG