Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman Sesalkan Insiden Spionase Amerika


Presiden AS Barack Obama dan kanselir Jerman Angela Merkel dalam KTT G7 di Brussels (4/6). (Reuters/Kevin Lamarque)

Presiden AS Barack Obama dan kanselir Jerman Angela Merkel dalam KTT G7 di Brussels (4/6). (Reuters/Kevin Lamarque)

Angela Merkel mengatakan ia berharap Amerika akan mengubah perilaku mata-matanya, dan menambahkan “kita tidak lagi hidup di era Perang Dingin.”

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan ambruknya rasa saling percaya antara Jerman dan Amerika Serikat terkait insiden spionase menunjukkan kedua negara itu memiliki “pandangan yang berbeda secara fundamental” mengenai fungsi badan-badan intelijen.

Merkel pada Sabtu (12/7) mengatakan kepada stasiun TV publik ZDF ia berharap Amerika akan mengubah perilaku mata-matanya, dan menambahkan “kita tidak lagi hidup di era Perang Dingin.”

Jerman pada Kamis memerintahkan kepala intelijen Amerika di Berlin meninggalkan negara itu seusai laporan bahwa dua pejabat pemerintah Jerman bekerja untuk Badan Intelijen Pusat Amerika (CIA).

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest Jumat mengatakan Amerika menghargai hubungannya dengan Jerman. Ia mengatakan “para sekutu yang memiliki lembaga intelijen canggih menyadari penuh beragam aktivitas dan kerjasama dalam hubungan intelijen.”

XS
SM
MD
LG