Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman: Penyerang Pasar Natal di Berlin Diduga Teroris


Kanselir Jerman Angela Merkel (Foto: dok).

Kanselir Jerman Angela Merkel (Foto: dok).

Sopir yang diduga teroris itu ditangkap kira-kira dua kilometer dari lokasi, sementara orang yang kedua yang ditemukan dalam truk meninggal dunia di tempat kejadian ketika menjalani pengobatan medis.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan hari Selasa (20/12) pihak berwenang menduga serangan truk yang menewaskan sedikitnya 12 orang dan mencederai hampir 50 lainnya di pasar udara terbuka yang ramai di Berlin adalah tindak terorisme.

Truk tersebut menerobos ke dalam pasar dekat tempat bersejarah Gereja Memperingati Kaisar Wilhelm Senin malam ketika warga Jerman merayakan musim Natal dengan pesta-pesta tradisonal di udara terbuka. Sopir yang diduga teroris itu ditangkap kira-kira dua kilometer jauhnya dari lokasi, sementara orang yang kedua yang ditemukan dalam truk meninggal dunia di tempat kejadian ketika menjalani pengobatan medis.

Media Jerman melaporkan tersangka adalah warga Pakistan yang datang ke Jerman kira-kira setahun yang lalu.

Merkel mengatakan “sangatlah sulit bagi kita semua untuk menerimanya, kalau orang yang mencari perlindungan dan suaka bertanggung jawab atas serangan itu.”

“Ini sangat memuakkan bagi banyak orang Jerman yang setiap hari giat menolong pengungsi serta orang-orang yang membutuhkan perlindungan kita dan orang yang berusaha berbaur dalam negara kita,” kata Merkel kepada wartawan.

Gedung Putih menyampaikan turut berdukacita dalam pernyataan yang mengutuk “apa yang tampaknya serangan teroris itu.”

Para saksi mengatakan pasar Natal yang popular itu berjubel dengan wisatawan dan penduduk setempat ketika truk tersebut, yang diyakini berkecepatan di atas 60 kilometer sejam, menerobosnya. Pihak berwenang mengatakan kendaraan itu penuh dengan muatan baja tulang bangunan. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG