Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman Berkunjung ke Jepang


Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Shinzo Abe di Tokyo hari Senin (9/3).

Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Shinzo Abe di Tokyo hari Senin (9/3).

Kanselir Jerman Angela Merkel bertemu dengan Kaisar Jepang Akihito dan Perdana Menteri Shinzo Abe hari Senin (9/3).

Kanselir Jerman Angela Merkel bertemu dengan Kaisar Jepang Akihito dan Perdana Menteri Shinzo Abe hari Senin (9/3), dalam kunjungan pertamanya ke Jepang dalam tujuh tahun.

Merkel mengatakan kepada khalayak Jepang di Tokyo bahwa Jerman beruntung dapat diterima dalam komunitas bangsa-bangsa setelah pengalaman mengerikan Perang Dunia II.

Dia mengatakan penerimaan itu mungkin pertama karena Jerman menyikapi masa lalunya dengan jujur dan karena negara-negara kuat Sekutu yang menguasai Jerman menawarkan isyarat penting “perbaikan hubungan” setelah 1945.

Ia mengutip sebuah pidato yang disampaikan pada tahun 1985 oleh almarhum Presiden Jerman Richard von Weizsacker, di mana dia menyebut akhir perang di Eropa “hari pembebasan.”

Perdana Menteri Abe akan memberikan pidato akhir tahun ini untuk memperingati 70 tahun kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II. Negara-negara yang diduduki oleh Jepang masih bersikeras negara itu belum sepenuhnya meminta maaf dan membayar kompensasi atas tindakan-tindakannya semasa perang.

XS
SM
MD
LG