Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman: Eropa Harus Tingkatkan Integrasi Zona Euro


Kanselir Angela Merkel (Foto: dok).

Kanselir Angela Merkel (Foto: dok).

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan Eropa perlu mengambil langkah lebih jauh dalam upaya penyelesaikan krisis hutang pemerintah di benua itu.

Pemimpin Jerman, Kanselir Merkel mengatakan masing-masing pemerintah dalam zona Euro perlu menyerahkan kekuasaan kepada wewenang Eropa secara bertahap. Merkel dalam siaran televisi Jerman mengatakan bahwa penggunaan mata uang bersama saja tidak cukup, dan negara-negara zona Euro perlu mengambil kebijakan anggaran bersama, serta menciptakan perserikatan fiskal dan politik.

Merkel telah memperjuangkan langkah penghematan untuk melawan krisis hutang zona Euro, yang sekarang sudah memasuki tahun yang ketiga. Langkah penghematan ini menghadapi tantangan baru dari bank-bank Spanyol yang lemah dan ketidakpastian politik di Yunani yang dibebani hutang.

Pemimpin Jerman yang memimpin ekonomi negara yang paling kuat di Eropa itu, juga menghadapi tekanan yang meningkat dari Presiden Amerika Barack Obama, Perdana Menteri Inggris David Cameron, dan lain-lain pekan ini dalam upayanya membantu pertumbuhan ekonomi yang macet di benua itu.

Dia mengatakan dalam wawancara bahwa tanpa keuangan yang kuat, tidak ada pertumbuhan yang mengaitkan dengan erat penghematan anggaran dengan pertumbuhan ekonomi.
XS
SM
MD
LG