Tautan-tautan Akses

Kandidat Presiden AS Partai Republik Siap Hadapi Super Tuesday


Mitt Romney melakukan kampanye di kota Bellevue, negarabagian Washington (2/2). Romney masih memimpin dalam jajak pendapat nasional.

Mitt Romney melakukan kampanye di kota Bellevue, negarabagian Washington (2/2). Romney masih memimpin dalam jajak pendapat nasional.

Mitt Romney memimpin dalam jajak pendapat nasional, sementara Rick Santorum berada di depan dalam survei di negara bagian kunci Ohio.

Kandidat Presiden Amerika dari Partai Republik beberapa hari lagi menghadapi pemilihan penting yang disebut "Super Tuesday", ketika 10 negarabagian menyelenggarakan pemilihan pendahuluan dan kandidat yang unggul dapat ditetapkan.

Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney memimpin dalam jajak pendapat nasional, sementara mantan senator Amerika Rick Santorum berada di depan dalam survei di negara bagian kunci Ohio.

Dalam survei Gallup nasional yang dirilis hari Jumat, Romney meraih 35 persen dukungan, sedangkan Santorum mendapat 24 persen. Kandidat lain: mantan ketua DPR Newt Gingrich dan anggota Kongres dari Texas Ron Paul, berada di belakang dengan 15 persen dan 11 persen.

Tapi di Ohio, survei Quinnipiac University Polling Institute menunjukkan Santorum meraih 35 persen dukungan dari kemungkinan pemilih utama Partai Republik di negarabagian itu, sementara Romney memperoleh 31 persen. Gingrich berada di tempat ketiga dengan 17 persen, dan Paul mendapat 12 persen. Namun, di antara pemilih yang mengindikasikan preferensi, 34 persen menyatakan mungkin masih berubah pikiran sebelum pemungutan suara tanggal 6 Maret.

Negarabagian Washington menyelenggarakan kaukus hari Sabtu, tiga hari menjelang Super Tuesday. Pemenangnya kelak dalam pemilihan yang berlangsung ketat ini akhirnya akan menghadapi Presiden Amerika Barack Obama, dari Partai Demokrat, dalam pemilu November.

XS
SM
MD
LG