Tautan-tautan Akses

AS

Kandidat Libertarian Minta Diikutsertakan dalam Debat Pilpres AS


Kandidat presiden AS dari Partai Libertarian Gary Johnson dalam kampanye di Des Moines, Iowa (3/9). (AP/Scott Morgan)

Kandidat presiden AS dari Partai Libertarian Gary Johnson dalam kampanye di Des Moines, Iowa (3/9). (AP/Scott Morgan)

Partai Libertarian hari Rabu (14/9) memasang iklan satu halaman penuh di harian New York Times yang memperlihatkan rencana dan permintaan Gary Johnson kepada komisi debat.

Pemilihan presiden Amerika tanggal 8 November semakin dekat, dan persiapan sedang dilakukan untuk debat pertama dari tiga perdebatan yang akan disiarkan melalui televisi, menampilkan calon Partai Demokrat Hillary Clinton dan kandidat Partai Republik Donald Trump.

Nama-nama calon presiden yang akan ikut dalam debat pertama itu belum diumumkan. Meskipun Trump dan Clinton adalah pasti, tetapi tidak begitu jelas apakah kandidat Partai Libertarian dan mantan Gubernur New Mexico, Gary Johnson, serta calon Partai Hijau atau Green Party, Jill Stein akan ikut.

Para calon harus memenuhi kriteria pemilihan yang ditetapkan oleh Komisi Debat Presiden (CPD), organisasi nirlaba yang mengatakan misinya adalah untuk "memberikan informasi yang terbaik untuk pemirsa dan pendengar."

Tujuan dari kriteria itu , menurut CPD, adalah untuk "mengidentifikasi calon-calon yang punya dukungan cukup kuat dan memiliki peluang terpilih" menjadi presiden.

Kampanye Johnson telah mulai mendesak untuk diikutkan dalam perdebatan, dan meminta ada podium ketiga di atas panggung sehingga Johnson bisa ikut dalam perdebatan.

Jika Johnson tidak memenuhi kriteria untuk perdebatan berikutnya, Partai Libertarian tidak akan berusaha untuk ikut.

Partai Libertarian hari Rabu (14/9) memasang iklan satu halaman penuh di harian New York Times yang memperlihatkan rencana dan permintaan Johnson kepada CPD.

Perdebatan calon presiden yang pertama akan berlangsung tanggal 26 September di Universitas Hofstra di kota timur laut Hempstead, New York. [sp/isa]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG