Tautan-tautan Akses

AS

Kandidat Kulit Hitam dalam Pemilu Sela di AS Capai Rekor Terbanyak


Kandidat anggota Kongres dari partai Republik, Mia Love (utusan wilayah Utah) berbincang dengan para siswa SMA Skyline di Salt Lake City, 9 Oktober 2014 (Foto: dok).

Kandidat anggota Kongres dari partai Republik, Mia Love (utusan wilayah Utah) berbincang dengan para siswa SMA Skyline di Salt Lake City, 9 Oktober 2014 (Foto: dok).

Sedikitnya 83 kandidat kulit hitam dari Partai Republik dan Partai Demokrat akan bersaing memperebutkan kursi di Kongres, jumlah tertinggi dalam kancah politik Amerika Serikat dewasa ini.

Lebih dari 100 nama kandidat kulit hitam akan tertera pada kertas suara dalam pemilu sela tingkat negara bagian di seluruh negeri dan pemilihan anggota Kongres, bulan depan. Sebagian pengamat mengatakan, ini adalah kelanjutan dari terpilihnya Barack Obama dalam pemilu presiden yang bersejarah.

Sedikitnya 83 kandidat kulit hitam dari Partai Republik dan Partai Demokrat akan bersaing memperebutkan kursi di Kongres, jumlah tertinggi dalam kancah politik dewasa ini. Demikian keterangan pakar ilmu politik, David Bositis, yang telah melakukan penelitian terhadap politisi kulit hitam selama bertahun-tahun.

Para kandidat itu antara lain, Mia Love dari Utah, yang sedang berkampanye dalam upayanya menjadi perempuan kulit hitam pertama dari Partai Republik untuk menjadi anggota Kongres.

Empat perempuan kulit hitam lainnya adalah Bonnie Watson Coleman dari New Jersey, Brenda Lawrence dari Michigan, Alma Adams dari North Carolina dan Stacey Plaskett dari Virgin Islands. Keempat perempuan tadi mewakili Partai Demokrat.

Jumlah terbanyak kandidat kulit hitam sebelumnya adalah 72 orang pada tahun 2012, pada saat Barack Obama, presiden kulit hitam pertama, terpilih kembali untuk masa jabatan yang ke-dua.

XS
SM
MD
LG