Tautan-tautan Akses

Kandidat Capres Partai Republik Berusaha Imbangi Trump pada Pemilihan Pendahuluan


Kandidat Capres AS dari Partai Republik, Donald Trump di North Charleston, South Carolina (Foto: dok).

Kandidat Capres AS dari Partai Republik, Donald Trump di North Charleston, South Carolina (Foto: dok).

Hari Selasa sangat penting bagi para kandidat Partai Republik dan pengusaha Donald Trump memperoleh kemenangan beruntun di tiga negara bagian serta disukai di 10 dari 11 negara bagian yang masuk dalam apa yang disebut "Super Tuesday".

Kampanye menjadi presiden berikutnya di Amerika sampai pada hari yang paling penting sampai hari Selasa (1/3), sementara para kandidat bersaing di 11 negara bagian. Mereka yang tertinggal dalam jajak pendapat berharap bisa membuat langkah besar untuk mengejar kandidat terdepan yang memimpin hingga dua digit.

Hari Selasa sangat penting bagi para kandidat Partai Republik dan pengusaha Donald Trump memperoleh kemenangan beruntun di tiga negara bagian serta disukai di 10 dari 11 negara bagian yang masuk dalam apa yang disebut "Super Tuesday", yakni pemilihan pendahuluan serentak di ke-11 negara bagian itu. Trump tertinggal hanya di negara bagian Texas, di mana Senator Ted Cruz berharap memenangkan suara di negara bagian asalnya itu.

Kuncinya bukan berapa negara bagian akan dimenangkan oleh Trump, tetapi seberapa baik perolehan suara Cruz dan sesama Senator Marco Rubio karena delegasi yang dibutuhkan untuk akhirnya mengamankan nominasi Partai Republik diberikan secara proporsional di negara-negara bagian yang mengadakan pemilihan pendahuluan hari Selasa ini.

Di kubu Partai Demokrat, jajak pendapat CNN/ORC yang dirilis hari Senin menunjukkan mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton memperbesar keunggulannya secara nasional atas Senator dari Vermont Bernie Sanders, yakni 55 lawan 38 persen. Clinton juga unggul besar dalam jumlah delegasi Partai Demokrat sejauh ini. [lt]

XS
SM
MD
LG