Tautan-tautan Akses

AS

Kandidat Capres Partai Republik Fokus pada Masalah Imigrasi Jelang Debat Pertama


Senator AS dan kandidat capres AS dari partai Republik, Marco Rubio berpartisipasi melalui video conference dalam Forum Pemilihan Kandidat Capres Pertama di Manchester, New Hampshire (2/8).

Senator AS dan kandidat capres AS dari partai Republik, Marco Rubio berpartisipasi melalui video conference dalam Forum Pemilihan Kandidat Capres Pertama di Manchester, New Hampshire (2/8).

Imigrasi menjadi fokus pembicaraan yang akan dibahas Senin malam, di saat para bakal calon Partai Republik mengambil bagian dalam forum menjelang debat resmi pertama partai tersebut.

Empat belas dari 17 pesaing utama berada di New Hampshire untuk acara dua jam yang disiarkan melalui jaringan televisi nasional.

Miliarder Donald Trump, pemimpin saat ini dalam jajak pendapat nasional, menolak untuk berpartisipasi, seperti yang dilakukan mantan Gubernur Arkansas Mike Huckabee.

Wawancara perorangan

Para kandidat lainnya akan berbicara dalam wawancara perorangan, format yang berbeda dengan debat yang akan digelar Kamis di Cleveland, Ohio, yang akan memungkinkan para kandidat untuk berbicara satu sama lainnya.

Hanya 10 kandidat yang menduduki peringkat teratas dalam jajak pendapat nasional dapat ikut serta dalam debat ini, menurut aturan partai.

Mereka akan berfokus melayangkan kritik bagi partai Demokrat, khususnya kepada calon unggulan partai, Hillary Clinton, dan pada saat yang sama mengekspresikan kebutuhan untuk berfokus pada pengamanan perbatasan negara sebagai komponen utama dari kebijakan imigrasi.

"Sampai kita memiliki perbatasan yang aman, masalah dengan imigrasi tidak akan selesai," kata mantan Gubernur Texas Rick Perry. "Ini seperti luka parah, Anda akan ingin menyembuhkan luka tersebut dan ini bukan yang sedang terjadi di negeri ini saat ini."

Mantan Gubernur Florida Jeb Bush salah satu bagian penting dari reformasi imigrasi adalah membatasi jumlah orang yang diizinkan masuk ke Amerika Serikat untuk bergabung dengan keluarganya sudah tinggal di negara ini. Senator Florida Marco Rubio juga didukung gagasan itu.

"Kita menerima 1 juta orang per tahun secara legal ke Amerika Serikat, tapi kami melakukannya atas dasar ada atau tidaknya mereka memiliki keluarga yang tinggal di sini," kata Rubio.

"Kita tidak mampu melakukan hal seperti itu lagi. Dalam abad ke-21, imigrasi secara sah harus berdasarkan prestasi, pada dasarnya apa yang mereka dapat sumbangkan bagi perekonomian Amerika, bukan sebaliknya," tambahnya.

Mantan Senator Pennsylvania Rick Santorum menganjurkan pemotongan 25 persen jumlah imigran berketerampilan rendah yang secara hukum diizinkan masuk ke negara ini.

Gubernur Ohio John Kasich mengatakan harus ada ekspansi dalam program pekerja 'tamu', dan bahwa imigran ilegal yang sudah berada di AS dan mematuhi hukum yang ada, harus diizinkan untuk tinggal.

Emisi karbon

Pada topik lain, Gubernur Wisconsin Scott Walker menyerang rencana Presiden Barack Obama terkait pengurangan emisi karbon dari pembangkit listrik negara yang diumumkan Senin kemarin (3/8), menyebutnya sebagai solusi yang mahal untuk ekonomi Amerika.

"Saya ingin menyeimbangkan lingkungan yang berkelanjutan dengan ekonomi yang berkelanjutan, tetapi keduanya harus berjalan seiring," kata Walker.

Partai saingannya, Demokrat, belum mengumumkan jadwal bagi debat antara para bakal calon untuk pemilu November 2016. Lima orang kandidat Demokrat telah menyatakan mereka ikut dalam pencalonan ini, d imana Clinton telah terlihat dengan jelas sebagai kandidat di peringkat teratas dalam jajak pendapat.

Senator South Carolina Lindsay Graham, membidik Clinton dalam forum Senin (3/8), dengan menunjukkan bahwa Clinton kurang jujur kepada publik mengenai isu pipa minyak Keystone dan penggunaan email pribadi yang kontroversial selama memangku jabatan sebagai Menteri Luar Negeri dalam jajaran pemerintahan Obama.

"Ketika dia mengatakan, 'Percayalah pada saya, Anda akan mendapatkan semua email yang Anda butuhkan', kita bahkan belum menyinggung permukaannya," kata Graham.

Debat yang akan ditayangkan saluran Fox News hari Kamis juga akan mengangkat tema yang sama dalam debat pertama dari 12 debat yang akan digelar oleh Komite Nasional Partai Republik.

XS
SM
MD
LG