Tautan-tautan Akses

AS

TransCanada Tuntut AS karena Batalkan Jalur Pipa Minyak Keystone


Pipa minyak TransCanada yang beroperasi di kota Steele City, negara bagian Nebraska, AS (foto: ilustrasi).

Pipa minyak TransCanada yang beroperasi di kota Steele City, negara bagian Nebraska, AS (foto: ilustrasi).

Perusahaan energi raksasa TransCanada menuntut pemerintah Amerika karena membatalkan jalur pipa minyak Keystone XL yang kontroversial.

Perusahaan energi Kanada, TransCanada mengatakan pihaknya menuntut 15 milyar dolar untuk menutup biaya dan kerugian lainnya.

TransCanada mengumumkan niatnya untuk mengajukan tuntutan sejak Januari lalu, tetapi menambahkan pihaknya ingin memberi kesempatan penyelesaian lewat jalur arbitrase terlebih dahulu. Perusahaan itu mengatakan tidak bisa mencapai kesepakatan “penyelesaian damai” dengan pemerintah Amerika.

TransCanada mengajukan tuntutan berdasarkan ketentuan dalam Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang dimaksudkan untuk melindungi investor asing.

Keystone XL sedianya menyalurkan minyak mentah dari ladang-ladang pasir minyak di bagian barat Kanada ke kilang-kilang minyak Amerika di Teluk Meksiko.

Presiden Barack Obama menghentikan proyek itu tahun lalu dengan mengatakan membangun proyek bahan bakar fosil raksasa bukan kepentingan nasional Amerika, apalagi pada saat yang sama Amerika sedang memimpin upaya melawan pemanasan global.

Kelompok-kelompok konservatif dan para pengecam lainnya mengkritik keras Presiden Obama, dengan mengatakan proyek itu akan menciptakan ribuan lapangan kerja.

Sementara aktivis-aktivis lingkungan hidup mengatakan minyak mentah dari pasir sangat kotor dan tumpahan pipa itu bisa menimbulkan bencana besar. [em]

XS
SM
MD
LG