Tautan-tautan Akses

Kanada Masih Kaji Rencana Tiongkok Beli Perusahaan Minyak 'Nexen'


Kantor pusat perusahaan minyak Nexen di kota Calgary, Kanada (foto: dok).

Kantor pusat perusahaan minyak Nexen di kota Calgary, Kanada (foto: dok).

Pemerintah Kanada telah memperpanjang masa peninjauan rencana pembelian perusahaan minyak Kanada bernilai 15,1 milyar dolar oleh Tiongkok.

Apabila kontrak jual-beli perusahaan minyak Kanada oleh Tiongkok akhirnya disetujui, ini adalah pembelian perusahaan energi asing terbesar yang dilakukan Tiongkok.

Menteri Perindustrian Kanada Christian Paradis mengatakan, perpanjangan masa peninjauan kontrak itu akan berlaku sampai tanggal 10 Desember. Menurut Paradis, ini adalah kedua kalinya masa peninjauan itu diperpanjang. Pemerintah Kanada dilaporkan sedang mempelajari apakah penjualan perusahaan energi Kanada "Nexen" itu akan bermanfaat bagi Kanada.

Peninjauan itu diharapkan akan menjelaskan kebijakan Kanada tentang pengambil-alihan perusahaannya oleh pihak asing, khususnya apabila perusahaan asing itu milik pemerintah.

Dinas intelijen Kanada dalam laporan tahunannya telah memperingatkan bahaya yang mungkin timbul kalau perusahaan milik negara asing membeli aset perusahaan Kanada.

Perusahaan minyak dan gas Tiongkok, CNOOC dan sejumlah perusahaan minyak pemerintah lainnya telah meningkatkan pembelian aset-aset minyak dan gas di benua Amerika, untuk menjamin suplai energi bagi perekonomian Tiongkok.
XS
SM
MD
LG