Tautan-tautan Akses

Kanada Ijinkan Pengintaian NSA dalam KTT G20


Para pemimpin negara-negara G20 berpose dalam KTT di Toronto, Kanada 27 Juni tahun 2010 (foto; dok).

Para pemimpin negara-negara G20 berpose dalam KTT di Toronto, Kanada 27 Juni tahun 2010 (foto; dok).

Pemerintah Kanada mengijinkan Badan Keamanan Nasional AS (NSA) melakukan pengintaian meluas semasa pelaksanaan KTT G8 dan G20 tahun 2010 di Toronto.

Saluran televisi Kanada CBC melaporkan bahwa Kanada mengijinkan Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) untuk melakukan pengintaian meluas semasa pelaksanaan KTT G8 dan G20 tahun 2010 di Toronto.

Laporan itu mengutip sejumlah dokumen dari mantan kontraktor NSA Edward Snowden, yang dicari pihak berwenang Amerika atas tuduhan spionase.

Laporan CBC itu mengatakan Amerika menjadikan kedutaan besarnya di Ottawa menjadi pos komando keamanan yang memata-matai kedua KTT itu bekerjasama sepenuhnya dengan mitra intelijen Kanada.

Mitra itu – Communications Security Establishment Canada (CSEC) – tidak boleh menarget siapapun di Kanada tanpa surat perintah pengadilan. CSEC mengatakan kepada para wartawan badan itu tidak bisa meminta mitra-mitra internasionalnya bertindak dalam cara yang melangkahi hukum Kanada.

Laporan CBC ini adalah yang terbaru dari berbagai dokumen yang dibocorkan Snowden. Berbagai pengungkapan bahwa NSA menyadap pembicaraan telpon para sekutu dekat Amerika seperti Jerman dan Brazil telah memicu protes terhadap Washington.
XS
SM
MD
LG