Tautan-tautan Akses

Kanada Adakan Debat Darurat Soal Tragedi Bunuh Diri Aborigin


Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbicara mengenai penembakan di Saskatchewan, dalam konferensi pers di Davos, Swiss (22/1). (Reuters/Ruben Sprich)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbicara mengenai penembakan di Saskatchewan, dalam konferensi pers di Davos, Swiss (22/1). (Reuters/Ruben Sprich)

Alasan-alasan untuk bunuh diri itu beragam, tapi para pemimpin lokal mengatakan ada keputusasaan dan pesimisme diantara orang-orang aborigin yang hidup terpencil dan dalam kemiskinan.

Para legislator di Kanada mengatakan dalam sesi darurat parlemen hari Selasa (12/4) bahwa serangkaian upaya bunuh diri dari remaja aborigin dalam komunitas miskin dan terpencil "sangat tidak dapat diterima" dan mereka bersumpah akan berupaya agar hal tersebut tidak terjadi lagi.

Pada akhir pekan yang lalu saja, 11 anggota komunitas Attawapiskat First Nation di bagian utara Ontario mencoba bunuh diri, mendorong pemimpin mereka untuk mendeklarasikan keadaan darurat. Secara terpisah, sekelompok kedua diopname hari Senin setelah mencoba bunuh diri.

Insiden ini mengejutkan seluruh negeri, meskin rakyatnya terbiasa akan tragedi-tragedi yang melibatkan 1,4 juta orang aborigin, yang sebagian besar hidup dalam kemiskinan, memiliki angka harapan hidup lebih rendah dibandingkan warga Kanada lainnya, dan lebih sering menjadi korban kejahatan dengan kekerasan.

Menteri Kesehatan Jane Philpott mengatakan tingkat bunuh diri diantara pemuda aborigin sedikitnya 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan populasi anak muda secara umum. Orang aborigin mencakup 4 persen dari populasi Kanada.

"Ini kenyataan yang mengejutkan. Sangat tidak bisa diterima... tidak ada yang lebih mengenaskan daripada menyadari bahwa seseorang telah mencapai titik tanpa harapan," ujarnya dalam debat darurat di Majelis Rendah.

"Malam ini harus menjadi titik balik bagi kita sebagai negara untuk memutuskan bersama bahwa kita akan berbuat lebih baik."

Pemerintahan Liberal yang baru mengatakan bulan lalu akan mengeluarkan dana tambahan C$8,37 miliar ($6,54 miliar) dalam lima tahun untuk membantu masyarakat aborigin mengatasi kondisi hidup yang menyedihkan.

Di Attawapiskat, 28 orang berusaha bunuh diri bulan Maret, beberapa diantaranya orang dewasa, menurut para pejabat kesehatan. Anak-anak berusia 11 tahun bahkan ada diantara mereka yang mencoba bunuh diri dalam beberapa hari terakhir dan polisi telah memulai patroli 24 jam untuk merespon krisis ini.

Charlie Angus, legislator federal dari oposisi New Democrats dengan wilayah konstituen termasuk Attawapiskat, mengatakan Kanada telah mengkhianati anak-anak muda aborigin.

"Tragedi terbesar di negara ini adalah bahwa kita menyia-nyiakan satu generasi anak-anak. Potensi yang telah terbuang percuma," ujarnya.

"Kita telah gagal. Ini harus dihentikan."

Pemerintahan federal dan pihak berwenang telah mengirim 18 staf tambahan ke Attawapiskat, termasuk konselor, pekerja kesehatan mental dan polisi.

Perdana Menteri Justin Trudeau, yang menyebut upaya bunuh diri itu "mematahkan hati," telah berjanji untuk meningkatkan kondisi hidup aborigin. Ia tidak menghadiri debat itu.

'Merasa Terisolasi'

Alasan-alasan untuk bunuh diri itu beragam, tapi para pemimpin lokal mengatakan ada keputusasaan dan pesimisme diantara orang-orang itu dan meningkatnya jumlah overdosis obat resep.

Tinggal di komunitas-komunitas yang terisolasi dengan tingkat pengangguran yang kronis dan perumahan yang padat, beberapa warga aborigin kekurangan akses terhadap air bersih tetapi mudah mengakses internet, membuat mereka bisa melihat kondisi masyarakat yang lebih makmur di seluruh Kanada.

Attawapiskat, 965 kilometer di utara Ottawa di Teluk James, hanya dapat diakses dengan pesawat atau jalan es di musim dingin.

"Kami merasa terisolasi -- kami tidak merasa sebagai bagian dari dunia," ujar Sheila North Wilson dari Manitoba Keewatinowi Okimakanak, yang mewakili 30 komunitas aborigin.

Attawapiskat, dengan populasi 2.000 orang dan dekat tambang berlian, telah mendeklarasikan lima situasi darurat sejak 2006. Situasi darurat sebelumnya terkait banjir dan saluran pembuangan, kualitas air minum yang buruk dan krisis perumahan.

Pendeklarasian keadaan darurat adalah langkah simbolis dan tidak mengikat pemerintah Ottawa secara hukum untuk mengambil tindakan, menurut seorang juru bicara pemerintah.

Masalah yang melanda masyarakat aborigin menyeruak ke permukaan bulan Januari ketika seorang pria bersenjata membunuh empat orang di La Loche, Saskatchewan. Seorang remaja aborigin didakwa dalam penembakan itu.

Komunitas aborigin Kanada lainnya di provinsi Manitoba melaporkan enam kasus bunuh diri dalam dua bulan dan 140 upaya bunuh diri dalam dua minggu terakhir.

Tahun 2011, pelapor khusus PBB untuk orang-orang suku asli mengatakan ia "sangat prihatin" dengan kondisi hidup di Attawapiskat.

Jackie Hookimaw-Witt, yang keponakan perempuannya bunuh diri musim gugur lalu, mengatkaan itu merupakan upaya ketiga untuk gadis 13 tahun itu yang bertahan hidup hari Sabtu. Ia mengatakan remaja itu telah ditantang bunuh diri di media sosial.

Di Cross Lake, Manitoba, puluhan orang, banyak diantaranya anak muda, telah berusaha bunuh diri tahun ini, menurut direktur kesehatan masyarakat Helga Hamilton. Dalam beberapa kasus, para remaja membahas bunuh diri berkelompok sebelum mencoba bunuh diri secara terpisah. [hd]

XS
SM
MD
LG