Tautan-tautan Akses

Kampanye Trump Habiskan Dana Lebih Sedikit dari Clinton


Para pendukung kandidat presiden Donald Trump di Green Bay, Wisconsin, 17 Oktober 2016 (Foto: dok).

Para pendukung kandidat presiden Donald Trump di Green Bay, Wisconsin, 17 Oktober 2016 (Foto: dok).

Brad Parscale, direktur digital Trump, mengatakan kepada kantor berita Associated Press investasi strategis dalam iklan digital pada saat-saat terakhir kampanye, membuka jalan bagi kandidat Partai Republik itu untuk memenangkan Gedung Putih.

Presiden terpilih AS Donald Trump mengeluarkan $66 juta dari kantongnya sendiri untuk kampanye kepresidenan, demikian menurut laporan yang diajukan Kamis malam.

Komisi Pemilihan Federal mengatakan bahwa pada hari-hari terakhir kampanye, Trump menghabiskan $94 juta, sedangkan lawannya, Hillary Clinton - yang memiliki dana kampanye lebih besar dari Trump - menghabiskan $132 juta pada hari-hari terakhir kampanye pilpres 2016.

Namun, miliarder yang suka bicara blak-blakan itu mengalahkan mantan menteri luar negeri Amerika dalam kemenangan politik yang menakjubkan dan tidak diduga banyak orang, termasuk media.

Brad Parscale, direktur digital Trump, mengatakan kepada kantor berita Associated Press investasi strategis dalam iklan digital pada saat-saat terakhir di Michigan, Wisconsin, Pennsylvania dan Florida membuka jalan bagi kandidat Partai Republik itu untuk memenangkan Gedung Putih.

Robby Mook, manajer kampanye Clinton, mengatakan pada konferensi pakar strategi politik dan jurnalis di Harvard baru-baru ini bahwa dia menyesal tidak mengalokasikan lebih banyak uang di Michigan, negara bagian yang dimenangkan Trump dengan suara kurang dari 11.000.

Laporan itu mengatakan Trump menggalang $339 juta sementara Clinton mengumpulkan $565 juta selama kampanye tersebut. [as/uh]

XS
SM
MD
LG