Tautan-tautan Akses

Kampanye Pilpres Perancis Jadi Sasaran Peretasan Komputer Besar


Poster kampanye pemilu capres berhaluan tengah, Emmanuel Macron, dan kandidat haluan kanan jauh, Marine Le Pen diperagakan di depan TPS dimana Marine Le Pen akan menggunakan hak suaranya di Henin Beaumont, sebelah utara Perancis, hari Sabtu, 6 Mei 2017 (foto: AP Photo/Francois Mori)

Pihak kandidat presiden Perancis, Emmanuel Macron, mensinyalir adanya operasi peretasan komputer “besar-besaran dan terkoordinasi” terhadap pihaknya pada malam pilpres putaran kedua.

Tim kampanye kandidat presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan pihaknya menjadi sasaran operasi peretasan komputer “besar-besaran dan terkoordinasi” pada malam pilpres putaran kedua.

Data rahasia dalam jumlah besar yang dimuat online sebelum Jumat tengah malam itu mencakup serangkaian email dan catatan akuntansi kampanye Macron. Di Perancis dan lainnya, para pengamat hari Sabtu mengatakan peretasan itu mirip dengan peretasan di AS tahun lalu yang menarget tim kampanye kandidat presiden dari partai Demokrat, Hillary Clinton.

Para pejabat senior intelijen AS sejak itu mengait-ngaitkan peretasan terhadap Clinton itu dengan para agen Rusia yang ingin meningkatkan peluang kemenangan kandidat partai Republik Donald Trump dalam pilpres AS tahun 2016. Rusia membantah keterlibatannya.

Belum ada laporan tentang peretasan serupa terhadap kampanye kandidat presiden Perancis Marine Le Pen yang berhaluan kanan jauh. Para pemilih akan memilih antara Le Pen dan Macron, yang berhaluan tengah, dalam pilpres putaran kedua hari Minggu.

Karena UU Perancis melarang segala diskusi politik atau kampanye selama periode 44 jam – selama Sabtu dan sampai TPS tutup Minggu malam – belum ada informasi mengenai dampak dari peretasan dokumen itu. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG