Tautan-tautan Akses

Kampanye Obama Tak Cukup untuk Dongkrak Demokrat


Presiden Barack Obama melambaikan tangan ketika berjalan menuju pesawat kepresidenan Air Force One di bandara O'Hare, Chicago, Minggu, 31 Oktober 2010.

Presiden Barack Obama melambaikan tangan ketika berjalan menuju pesawat kepresidenan Air Force One di bandara O'Hare, Chicago, Minggu, 31 Oktober 2010.

Obama telah berusaha keras mengamankan kursi Partai Demokrat yang terancam dengan berkampanye di empat negara bagian menjelang Pemilu.

Dua hari menjelang Pemilu Sela, Presiden Barack Obama berkampanye di empat negara bagian termasuk Ohio.

“Saya ingin anda terus berjuang, saya ingin anda tetap yakin, saya ingin anda mengajak yang lain melakukan hal yang sama," seru Presiden Obama.

Presiden Obama terus berupaya merangkul massa Parta Demokrat yang kecewa karena masih tingginya angka pengangguran serta kinerja pemerintahan Obama secara umum.

Di Chicago, negarabagian Illinois, Presiden Obama berpidato di stadion tempat ia melakukan pidato kemenangan Pemilu Presiden dua tahun yang lalu. Disana ia berupaya mengenang kembali semangat pendukungnya pada tahun 2008.

“Jika setiap orang yang memberikan suara pada perubahan pada tahun 2008 juga memberikan suara pada (Pemilu Sela) 2010 ini, kita pasti memenangkan Pemilu ini,” kata Obama.

Di sela-sela kampanye di Chicago inipun Presiden Obama juga memahami betapa tingginya frustrasi yang dirasakan massa Partai Demokrat.

“Kita dulu melihat sangat banyak antusiasme. Tetapi sekarang tidak lagi. Persaingan dalam Pemilu kali ini ketat. Ini terjadi di sini, di Ohio, di setiap negarabagian,” ungkap Obama.

Menurut berbagai survei, upaya Presiden Obama sedikit membuahkan hasil. Dukungan bagi Partai Demokrat sedikit menguat, meski tidak cukup untuk mempertahankan suara mayoritas partai ini di Kongres. Bahkan di DPR yang terdiri dari 435 anggota DPR, Partai Demokrat terancam kehilangan lima puluhan lebih kursi.

XS
SM
MD
LG