Tautan-tautan Akses

Kamerun Belum Siap Dengan Peralihan Teknologi Digital


TV plasma di toko Best Buy di San Francisco, California.

TV plasma di toko Best Buy di San Francisco, California.

Menjelang peralihan global dari analog ke teknologi digital, Kamerun masih mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan migrasi digital ini.

Para pakar sepakat bahwa ada banyak manfaat dari teknologi digital. Peralihan ini akan memberikan gambar yang lebih tajam dan terang termasuk televisi resolusi tinggi, dan audio yang lebih baik, sehingga memberikan kenikmatan menonton yang lebih baik. Tapi mereka yang bekerja di Komisi Nasional Kamerun mengenai peralihan digital memperingatkan berbagai tantangan yang dihadapi sementara televisi lama tidak akan lagi bisa mendapat sinyal.

Tebo Mathias, pakar peralihan digital, menjelaskan, "Penduduk seharusnya diberitahu, mereka seharusnya dididik dengan baik karena bisa saja ada orang tua yang tinggal di sebuah desa, suatu pagi ia tidak dapat menyetel TV karena peralihan sudah terjadi dan dia tidak menyadarinya."

Harga televisi analog yang akan segera usang telah merosot menjelang peralihan pada pertengahan tahun 2015, menimbulkan kekhawatiran bahwa negara seperti Kamerun akan menjadi tempat pembuangan TV yang akan segera usang. Pemerintah telah menanggapinya dengan melarang impor semua set analog, tetapi itu juga membuat banyak orang marah.

Germain Nfor, guru sekolah menengah berusia 33 tahun di ibukota, Yaounde, merasa tindakan pemerintah itu belum dipikirkan sepenuhnya. "Pemerintah belum meningkatkan kesadaran banyak orang tentang mengapa mereka melarang TV lama, sedangkan TV plasma sangat mahal. Saya ingin tahu apakah ada alternatif yang dapat digunakan untuk menyiarkan gambar selain TV plasma?"

Wartawan Gaullaume Kimbi mengatakan banyak orang akan merasa kesulitan untuk membayar TV dengan teknologi digital setelah batas waktu bulan Juni 2015.

Kalangan importir juga prihatin. Panje Raoul mengatakan ia memiliki permohonan untuk pemerintah. "Kami menyerukan kepada negara untuk mencari cara memasok perangkat yang dapat mengubah gambar dari analog ke digital. Apakah kita mampu membeli layar datar? Kini upah minimum di Kamerun adalah 23.000 CFA franc, jadi saya tidak tahu apakah rakyat Kamerun akan mampu membeli makanan dengan jumlah tersebut dan membeli TV plasma. Kami meminta negara untuk mempertimbangkan kembali keputusannya."

Harga sperangkat TV dengan teknologi digital mencapai 1.000 dolar di Kamerun. Gaji rata-rata di Kamerun adalah sekitar 56 dolar per bulan .

Pakar peralihan analog-digital Mathias mengatakan warga harus mulai menabung untuk membeli TV baru karena keputusan peralihan yang diambil oleh Serikat Telekomunikasi Internasional (ITU) tersebut tidak dapat dibatalkan.

Banyak pakar setuju akan kebutuhan negara-negara Afrika untuk pada akhirnya bermigrasi ke teknologi digital, tetapi mereka juga mengatakan penonton mereka perlu dibimbing melalui prosesnya. Mereka menyarankan dibentuknya layanan informasi serta kampanye kesadaran publik besar-besaran.
XS
SM
MD
LG