Tautan-tautan Akses

Kamboja Umumkan Sidang Tahap ke-2 atas Tokoh Khmer Merah


Dua mantan pemimpin Khmer Merah, Khieu Samphan (kiri) dan Nuon Chea (foto: dok).

Dua mantan pemimpin Khmer Merah, Khieu Samphan (kiri) dan Nuon Chea (foto: dok).

Tanggal 17 Oktober bulan depan akan menandai awal fase terakhir dalam sidang pengadilan terhadap dua mantan pemimpin Khmer Merah, yaitu Nuon Chea dan Khieu Samphan.

Pengadilan Internasional Kamboja mengumumkan, tahap kedua sidang terhadap dua mantan pimpinan Khmer Merah akan dimulai tanggal 17 Oktober.

Tanggal tersebut akan menandai awal fase terakhir dalam sidang pengadilan terhadap Nuon Chea dan Khieu Samphan, yang dibagi menjadi dua fase. Pejabat-pejabat pengadilan mengatakan sidang dengar pendapat akan berlangsung tiga hari per minggu.

Kedua terdakwa kini menghadapi dakwaan beragam kejahatan, termasuk aksi-aksi Khmer Merah di pusat-pusat penahanan dan kamp-kamp kerja paksa, berbagai kebijakan termasuk kawin paksa, dan dugaan genosida terhadap Muslim Champa dan etnis Vietnam.

Nuon Chea, mantan kepala ideologi rezim, dan Khieu Samphan, yang menjabat kepala rezim tersebut, telah dijatuhi hukuman seumur hidup oleh pengadilan karena peran mereka dalam pengosongan massal kota Phnom Penh setelah pengambilalihan kekuasaan oleh Khmer Merah. Kedua terhukum itu telah naik banding.

XS
SM
MD
LG