Tautan-tautan Akses

Kamboja, Thailand Berebut Warisan Tari Topeng


Siswa Thailand menari tarian tradisional “Khon” di Bangkok (Foto: dok).

Siswa Thailand menari tarian tradisional “Khon” di Bangkok (Foto: dok).

Thailand berencana akan terus maju dengan aplikasinya sendiri ke UNESCO, karena UNESCO tidak memiliki batasan mengenai berapa banyak negara bisa menjadi pewaris suatu benda atau produk budaya yang sama.

Para pejabat pemerintah di Thailand kini berusaha meredakan kemarahan yang dilampiaskan lewat media sosial di negara tetangga Kamboja atas warisan tari klasik di kedua negara di Asia Tenggara itu.

Kamboja juga dipersilahkan untuk mendaftarkan tari topeng ke UNESCO sebagai warisan budayanya, menurut deputi perdana menteri Thailand Wissanu Kreau-ngam.

Tetapi, Thailand, yang kini diperintah oleh junta militer, berencana akan terus maju dengan aplikasinya sendiri ke UNESCO, menurut menteri kebudayaan Weera Rojpojanarat, karena UNESCO tidak memiliki batasan mengenai berapa banyak negara bisa menjadi pewaris suatu benda atau produk budaya yang sama.

Kamboja, Indonesia dan Thailand memiliki klaim yang sama untuk wayang kulit, sementara baik Argentina maupun Uruguay telah mendaftarkan tari tango ke UNESCO, ujar menteri kebudayaan itu. Ia juga mengatakan bahwa Korea Selatan dan Korea Utara yang bersaing juga mengklaim kimchi sebagai aset budaya masing-masing. [lt]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG