Tautan-tautan Akses

Kalahkan Kroasia, Belgia Lolos Kualifikasi Piala Dunia


Pemain Belgia, Romelu Lukaku (tengah) mencetak gol pertama melawan Kroasia dalam Babak Kualifikasi Pialal Dunia Grup A, di Zagreb (11/10/2013).

Pemain Belgia, Romelu Lukaku (tengah) mencetak gol pertama melawan Kroasia dalam Babak Kualifikasi Pialal Dunia Grup A, di Zagreb (11/10/2013).

Belgia lolos kualifikasi ke Piala Dunia setelah dalam pertandingan Grup-A hari Jumat di Zagreb mengalahkan saingan terkuat dalam grup tuan-rumah Kroasia 2-1.

Pemain depan Belgia, Romelu Lukaku berjasa besar membawa negaranya lolos kualifikasi dengan kedua goal yang dihasilkannya. Goal balasan Kroasia dicetak Niko Krancjar pada babak kedua.

Belgia kini mengantongi 25 poin dari sembilan pertandingan atau 8 poin di atas Kroasia dan memimpin Grup-A. Kemenangan itu berarti Belgia akan termasuk di antara pemimpin grup dalam undian tanggal 6 Desember untuk Piala Dunia tahun depan di Brazil.

Belgia tidak pernah berhasil lolos ke kejuaraan internasional sejak turnamen Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan. Namun, seluruh bangsa Belgia sudah mengantisipasi saat lama menunggu untuk lolos kualifikasi akan berakhir dengan munculnya generasi pemain baru. Demikian besarnya harapan Belgia sampai Perdana Menteri Elio Di Rupo khusus datang ke Zagreb menyaksikan pertandingan.

Klub-klub sepakbola Belgia umumnya tidak menjadi faktor yang disegani dalam berbagai kompetisi Eropa. Tidak seorang pun dari kesebelas pemain Belgia yang menghadapi Kroasia tadi bermain dalam Liga dalam negeri Belgia. Sebaliknya banyak di antara mereka menjadi pemain handal dan terkenal karena bermain di klub-klub asing. Misalnya Vincent Kompany yang bermain untuk Manchester City dan Eden Hazard serta Courtois yang bermain untuk Chelsea, begitu pula Christian Benteke dari Aston Villa yang kesemuanya dalam Liga Premier Inggris.
XS
SM
MD
LG