Tautan-tautan Akses

Kalah Telak dalam Pemilu Parlemen, PM Jepang Mundur dari Ketua Partai


PM Jepang Yoshihiko Noda segera mengumumkan pengunduran dirinya sebagai ketua partai, mengakui bahwa DPJ tidak dapat memenuhi harapan rakyat (16/12).

PM Jepang Yoshihiko Noda segera mengumumkan pengunduran dirinya sebagai ketua partai, mengakui bahwa DPJ tidak dapat memenuhi harapan rakyat (16/12).

Partai Demokratik Liberal Jepang (LDP) yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Shinzo Abe akan kembali berkuasa setelah meraih kemenangan besar dalam pemilu parlemen, Minggu (16/12).

Radio Jepang NHK mengatakan, LDP yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Shinzo Abe, memenangkan 293 kursi dan mitra koalisinya Komeito Baru memperoleh 31 dalam DPR yang memiliki 480 anggota. Itu akan meraih mayoritas dua-pertiga kursi – jumlah suara yang cukup untuk mengalahkan keputusan majelis tinggi Jepang, di mana Partai Demokratik Jepang , DPJ yang berkuasa merupakan satu-satunya partai terbesar.

DPJ yang dipimpin oleh Perdana Menteri yang sekarang Yoshihiko Noda hanya memperoleh 57 kursi dalam pemilu hari Minggu. Perdana Menteri Noda segera mengumumkan pengunduran dirinya sebagai ketua partai, mengakui bahwa DPJ tidak dapat memenuhi harapan rakyat.

Memberikan komentar mengenai hasil pemilu itu, Shinzo Abe mengatakan rakyat Jepang telah mengatakan “tidak” terhadap politik yang membingungkan selama tiga tahun oleh Partai Demokratik Jepang. Ia mengatakan rakyat telah meminta perbaikan ekonomi Jepang dan ini akan merupakan misinya yang paling penting.

Presiden Amerika Barack Obama memberikan selamat kepada Shinzo Abe atas keberhasilannya dan mengatakan ia menanti-nanti untuk bekerjasama dengan pemerintah baru Jepang.

Dalam penyataan tertulis, Presiden Obama menekankan pentingnya persekutuan Amerika dan Jepang, yang menurutnya, sebagai dasar perdamaian dan kemakmuran di kawasan itu.
XS
SM
MD
LG